Sebuah Galaksi Kecil dan Kesepian,, Ternyata “Tetangga” Baru, Bimasakti

Di tengah perkampungan galaksi lebih kurang Bimasakti yang padat, astronom baru-baru ini menemukan galaksi kecil yang kesepian. Galaksi yang dinamai KKs3 itu berada di langit selatan, pada arah rasi Hydrus.

Jaraknya lebih kurang 7 juta tahun sinar dari Bimasakti. Masuk di dalam perkampungan galaksi yang disebut Local Group, termasuk juga Bimasakti dan Andromeda, galaksi itu berukuran sangat kecil, hanya seperseribu Bimasakti.

Sebuah Galaksi Kecil dan Kesepian,, Ternyata "Tetangga" Baru, Bimasakti

Jaraknya yang jauh menyebabkan galaksi itu disebut “kesepian”. KKs3 dibilang sebagai galaksi kesepian ke-2 di Local Group sesudah KKR25 yang ditemukan pada tahun 1999.

Dimitry Makarov dari Special Astrophysical Observatory di Karachai-Cherkessia, Rusia, mengatakan, “Menemukan obyek layaknya KKs3 adalah pekerjaan yang butuh ketelatenan.” Menurut dia, lebih-lebih dengan instrumen canggih macam Hubble Space Observatory, menemukan KKs3 sangat sulit.

“Namun, dengan ketekunan, kami pelan-pelan sanggup membangun peta perkampungan kita, yang terbukti lebih padat dari dugaan,” ungkap Makarov. Diberitakan Huffington Post, Senin (22/12/2014), galaksi-galaksi macam KKs3 dikira melimpah di lebih kurang Bimasakti.┬áDisebut spheroidal galaxy, galaksi itu bersinar sangat redup gara-gara jarak yang jauh dan ukurannya yang kerdil.