Pria Lebih Mudah dan Cepat Turunkan Berat Badan Dibandingkan Wanita, Mengapa?

Pria Lebih Mudah dan Cepat Turunkan Berat Badan Dibandingkan Wanita, Mengapa?

Penelitian teranyar yang menganalisis perihal penurunan berat badan yang terjadi pada lelaki dan perempuan dalam periode yang sama mengindikasikan bahwa lelaki lebih gampang menurunkan berat badan dikomparasikan wanita. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Diabetes, Obesityand Metabolism.

“Setelah diet yang dilaksanakan selama dua bulan, dengan menu santap dan pelajaran yang sama, rata-rata lelaki turun berat badannya sampai 11,8 kg, sedangkan wanita 9,9 kg,” ujar peneliti seperti dikutip dari Fox News.

Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 2.200 narasumber berusia dewasa dari Eropa, Australia dan Selandia Baru. Setiap narasumber yang tercebur termasuk dalam kelompok gemuk dan merasakan pradiabetes. Penelitian dilaksanakan selama 8 minggu.

Setiap narasumber diminta melulu mengonsumsi makanan maksimal 800 kalori per hari. Sementara menu makanan yang dikonsumsi terdiri dari sup, jus, sereal dan sayuran. Penelitian ini juga menemukan kenyataan lainnya yakni di samping lebih gampang* menurunkan berat badan, pria pun mengalami efek samping diet yang lebih sedikit.

Di samping itu, pria pun ditemukan mempunyai tekanan darah yang lebih rendah, lemak tubuh yang berkurang dan risiko diabetes turun. Sedangkan wanita merasakan penurunan kadar kolesterol baik (HDL) dan kekuatan tulang. Namun, perempuanĀ  lebih gampang mempunyai lingkar pinggul yang lebih kecil.

Nutrisionis sekaligus penulus buku The Simple 1:1:1 Formula for Fast and Sustained Weight Loss, Rania Batayneh menjelaskan dalil mengapa lelaki lebih gampang menurunkan berat badan dikomparasikan wanita. Hal ini sebab genetik.

“Pria mempunyai otot tubuh yang lebih tidak sedikit sehingga mudah menghanguskan kalori. Di samping itu, lemak lelaki rata-rata terkonsentrasi di unsur perut, membuatnya lebih mudah dihanguskan daripada lemak di paha dan bokong pada wanita,” kata Rania.

Baca Juga: