Sejarah Pendidikan Di Indonesia

Apa saja tingkatan pendidikan yang berhasil kita raih di negeri sendiri tentu saja kita menjadi salah satu orang yang sangat beruntung karena tahu dan paham seperti apa rasanya mengenyam pendidikan. Entah yang masih lulusan SMP, SMA atau bahkan yang beruntung karena telah menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi. Semuanya tentu harus disyukuri dan diamalkan apa saja ilmu – ilmu yang pernah kita dapatkan di bangku pendidikan.

Sejarah Pendidikan Di Indonesia
Sejarah Pendidikan Di Indonesia

Hanya saja tentu tidak adil bagi kita jika kita sudah mengenyam pendidikan dan melaksanakan seperti apa kenyamanan dan kesenangan dunia pendidikan yang berhasil kita capai sementara seperti apa perjuangan panjang pendidikan di Indonesia tidak kita ketahui. Karena itu mari kita tengok sejarah pendidikan di Indonesia. Cek informasinya di bawah ini ya J

Sejarah Pendidikan Di Indonesia

Sejarah pendidikan yang dilakukan di Indonesia sebenarnya diawali dengan perjuangan yang begitu berat, pelik dan panjang. Hal ini juga tentu dipengaruhi atas berbagai macam aspek baik aspek agama atau juga aspek budaya serta berbagai macam aspek politik yang ada sehingga nantinya karakter yang dibentuk dalam sistem pendidikan tersebut tak akan lepas dari aspek – aspek yang terselenggara.

Tentang rancangan konstitusi yang dibuat bahkan di tahun 1950 sendiri juga turut menyatakan tentang tujuan yang dilakukan pemerintah dalam pendidikan yang dilakukan. Pada waktu itu dinyatakan bahwa kewajiban pendidikan masyarakat Indonesia setidaknya selama 6 tahun akan tetapi nyatanya pendidikan yang dicanangkan baru dicapai di ujung tahun 1980an.

Pada tahun sekitar 1973 kemudian Presiden Soeharto memberikan untuk menambah fasilitas sekolah dasar dan berlangsung pembenahan fasilitas ini sampai kurun waktu tahun 1980 yang dilakukan sekitar 40000 unit. Pendidikan sekolah dasar yang memang sudah diwajibkan ini dapat dipilih sesuai selera baik mau sekolah swasta atau sekolah negeri. Indonesia juga sebagai sebuah negara dengan penduduk muslim terbesar kedua yang ada di dunia juga turut memberikan pernyataan bahwa warga yang pergi untuk sekolah agama sekitar 15% dari total yang ada.

Sistem pendidikan yang berlaku di tahun 1990 silam juga punya tujuan agar nantinya siswa yang dididik akan memiliki ideologi bernegara yang akan dapat menjalankan suatu birokrasi serta punya prinsip dalam proses tercapainya kehidupan bernegara yang modern dan telah memiliki budi pekerti yang baik. Setelah proses pendidikan selama 6 tahun selesai ditempuh, nantinya siswa juga dapat melanjutkan ke jenjang SMA. Setelah selesai pendidikan SMA atau SMK nantinya siswa bebas memilih untuk bekerja atau melanjutkan ke tingkat studi yang lebih tinggi seperti pada program sarjana atau pada program pasca sarjana.

Demikian kiranya sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Sejarah Pendidikan Di Indonesia. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menjadikan kita semakin sadar bahwa pendidikan itu sangat penting dan pantas diperjuangkan. sumber : dosenpendidikan.com