7 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Merasa Salah Jurusan

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Merasa Salah Jurusan

Ketika awal kuliah, kamu dambakan mendalami hukum, dan memutuskan untuk masuk ke fakultas hukum. Namun di tahun-tahun berikutnya, kamu menjadi mikir “jurusan ini ternyata nggak gue banget”. Sempat terlintas di anggapan kamu untuk tukar jurusan, tapi tahu-tahu mendadak kamu udah semester akhir. Nah terkecuali kamu mengalami ini dan mulai tidak benar jurusan, ini yang wajib kamu lakukan.

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Merasa Salah Jurusan

1. Yang pertama wajib kamu melaksanakan adalah jangan panik! Karena ternyata, kamu gak sendirian
Menurut Career Advice, di Amerika ada lebih kurang 60 hingga 70 persen mahasiswa yang tidak benar jurusan. Tak wajib khawatir sebab berita baiknya, sebab banyak orang-orang berhasil di luar sana yang latar pendidikannya malah nggak sesuai serupa bidang yang mereka tekuni selagi ini.

Lihat saja Bapak Chairul Tanjung, beliau berlatar belakang pendidikan kedokteran gigi, tapi dapat menjadi tidak benar satu entrepreneur berhasil di bidang industri hiburan dan pertelevisian. Atau kamu dapat saksikan Ibu Susi Pudjiastuti yang gak lulus SMA, tapi dapat menjadi entrepreneur exportir ikan segar beserta olahannya. Bahkan saat ini dipercaya untuk menjabat sebagai menteri Kelautan dan Perikanan selagi ini.

2. Kumpulkan soft skill yang dapat mendukung karirmu nanti
Salah satu keterampilan yang paling penting di dalam hidup ini, terlebih untuk melamar pekerjaan adalah soft skill. Soft skill adalah keterampilan seseorang yang didapatkan berasal dari pengalaman, dan normalitas hidup sehari-hari sehingga membentuk kepribadian seseorang. Seperti kalau dapat berkomunikasi dengan baik, dapat mengendalikan emosi, tetap berpikir kreatif dan lainnya. Hal-hal inilah yang biasanya dibutuhkan oleh para pemberi kerja di luar sana.

3. Ikut berhimpun dengan komunitas
Kamu kuliah di jurusan hukum, tapi kamu ingin banget menjadi sutradara. Karena gak barangkali ambil S2 bidang sinematografi setelah lulus nanti, kamu dapat aja gabung dengan komunitas-komunitas film yang biasanya mereka terhitung bikin proyek kecil-kecilan untuk bikin film indie. Nah berasal dari situ kamu dapat belajar bareng mereka.

4. Ikut kursus, seminar, dan workshop
Kalau kamu mempunyai uang lebih, kamu dapat aja turut kursus maupun workshop perihal bidang yang dambakan kamu tekuni. Tapi terkecuali uang kamu pas-pasan, kamu dapat ikutan seminar yang harga tiketnya gak terlampau mahal. Sekarang ini banyak terhitung kok kampus-kampus atau institusi yang kerap menyelenggarakan seminar gratis. Bahkan banyak terhitung pihak yang sengaja upload videonya di YouTube.

5. Baca buku, jurnal, maupun artikel yang mengenai dengan passion kamu
Ikut seminar menurutmu tetap terlampau mahal? Kamu dapat baca buku yang relevan dengan passion kamu. Kamu nggak kuat membeli buku? Pinjem aja ke perpustakaan. Buku di perpus gak update? Cari aja referensi di internet. Kalau kamu memang niat mempelajari pengetahuan baru, pasti dapat ada jalur yang dapat memudahkanmu kok.

6. Cari pengalaman kerja dengan magang
Hal lain yang dapat kamu melaksanakan sehingga mendapat pengalaman atau pengetahuan yang sesuai minat kamu adalah dengan langkah magang. Mungkin kamu gak dapat magang untuk proyek skripsi, tapi kamu dapat kerja part time. Sebagai contoh, kamu tertarik dengan dunia pemasaran, kamu dapat cobalah apply untuk ngelamar posisi sales atau marketing di restoran sekitarmu.

7. Pilih jurusan S2 sesuai dengan bidang yang terlampau kamu minati
Kamu dapat aja ngambil S1 di bidang ABC, terus tepat S2 kamu dapat ambil XYZ. Tapi pilihan kamu kali ini udah wajib dipikir matang-matang, dan udah sesuai dengan minat kamu. Jangan hingga kamu ulangilah kekeliruan layaknya selagi kamu ngambil S1 dulu.

Biarpun mulai tidak benar ambil kuliah, setidaknya kamu udah dapat menyita hikmahnya berasal dari situ. Intinya, kamu wajib mengetahui bahwa gak ada pengetahuan yang percuma di dunia ini. Semua pengetahuan itu mutlak dan saling melengkapi.

sumber : https://www.ruangguru.co.id/