Sebelum Ospek, Pastikan Kamu Sudah Persiapkan 8 Hal Ini

Sebelum Ospek, Pastikan Kamu Sudah Persiapkan 8 Hal Ini

Setiap perguruan tinggi, apa-pun jenjangnya, dapat menyelenggarakan kegiatan orientasi sebelum memulai kegiatan studi mengajar. Biar kalian mengenal teman-teman dan sistem pembelajaran yang diterapkan di kampus.

Sebelum Ospek, Pastikan Kamu Sudah Persiapkan 8 Hal Ini

Meski terdengar remeh, kegiatan orientasi tak bisa anda sepelekan. Kegiatan selanjutnya dapat berjalan bersama jadwal yang padat dan berhari-hari. Untuk itulah, anda kudu menyiapkan delapan hal ini supaya tidak mulai gegar pada budaya orientasi di kampus.

1. Jadwal kegiatan orientasi berjalan padat
Ini bener lho. Biasanya, mahasiswa baru diwajibkan datang pagi-pagi sekali dan baru pulang di atas jam enam sore. In between, banyak sekali pengarahan yang dapat disampaikan oleh para dosen dan senior mahasiswa di sana.

2. Persiapkan pula untuk melacak perintilan untuk kegiatan orientasi
Umumnya, waktu hari pertama orientasi, mahasiswa baru dapat diberi wejangan tugas kelompok maupun pribadi. Tujuannya sih biar terlihat kompak dan disiplin.

Biasanya, ada perintah untuk bikin nama dada baik berukuran kecil maupun besar, menyampul buku tulis bersama sampul batik, atau perintah lainnya. Dan, itu kudu disempurnakan pada hari ke-2 orientasi. Wow banget kan? Siap-siap deh.

3. Siapkan dresscode
Selain perintilan berwujud barang, mahasiswa baru terhitung diminta mengenakan dresscode tertentu. Gak aneh-aneh kok. Umumnya, seragam putih hitam atau batik.

Di kampusmu gitu terhitung gak?

4. Jangan lupa bawa alat-alat tulis
Dilan 1990 memang cakep dan cerdas, namun kebiasaannya mempunyai buku tulis di saku celana jangan ditiru. Bawalah tas selanjutnya masukkan peralatan tulismu di situ. Catat hal-hal mutlak yang dipaparkan para dosen dan mahasiswa senior.

5. Jangan bangun telat
Masa orientasi adalah periode pengenalan kehidupan akademik bagi mahasiswa baru. Lingkupnya terhitung studi disiplin waktu masuk kelas. Biasakan untuk disiplin bangun pagi. Biasanya nih, jika di dalam satu kelompok ada yang telat, semuanya bisa kena hukuman.

Kamu gak mau kan kelompokmu kena hukuman karena kekeliruan yang memang bisa anda hindari?

6. Persiapkan mental
Perpeloncoan barangkali gak ada di dalam orientasi zaman now namun ada kelompok mahasiswa senior yang meyakinkan mahasiswa baru disiplin di dalam mengikuti rangkaian kegiatan orientasi. Mereka dapat bersuara sedikit lantang dikala ada mahasiswa baru yang melanggar peraturan.

Pastikan mentalmu tidak jatuh. Semangat!

7. Masa orientasi penuh bersama pengalaman menarik
Kuncinya, jangan tegang. Santai saja, mengikuti saja rangkaian kegiatannya bersama baik. Kamu bisa bersama ringan menggaet teman-teman baru yang dapat mengisi hari-harimu ke depan.

8. Pikirkan untuk bergabung bersama unit kegiatan mahasiswa
Unit kegiatan mahasiswa sejenis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menengah atas. Para mahasiswa senior bagian unit kegiatan dapat unjuk kebolehan kebolehan mereka waktu masa orientasi. Inilah saatnya anda memutuskan bergabung bersama unit kegiatan mahasiswa.

Jangan jadi mahasiswa pasif, tempa dirimu bersama sebanyak barangkali hal positif selama nanti berkuliah. Cheers!