Lakukan 5 Hal Ini untuk Membuktikan Anda Berintegritas

Lakukan 5 Hal Ini untuk Membuktikan Anda Berintegritas

Rekan Kerja, apa yang terlintas di dalam benak Anda dikala mendengar kata integritas? Sifat ini sejatinya harus dimiliki oleh barang siapa khususnya lagi bagi Anda yang merupakan seorang karyawan di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Bahkan kata ‘integritas’ sering disebut-sebut terhadap Pemilu (Pemilihan Umum) 2018 ini sebagai tidak benar satu syarat-syarat caleg (calon legislatif) yang harus dipenuhi.

Sebenarnya, apa arti integritas? Integritas merupakan kedisiplinan atas keteguhan yang tidak tergoyahkan untuk menjaga nilai kebenaran. Orang yang berintegritas merupakan orang yang jujur dan mempunyai karakter kuat. Kualitas Anda sebagai seorang karyawan tidak dapat sempurna tanpa integritas, sebab karyawan yang memiliki kwalitas dan juga berintegritas merupakan harta bagi sebuah perusahaan. Jika Anda mempunyai karakter tersebut, Anda dapat dipercaya oleh orang lain terhitung bos Anda. Lakukan lima perihal tersebut untuk menunjukkan bahwa Anda mempunyai integritas!

1. Berpegang Teguh terhadap Nilai yang Anda Percaya

Mempertahankan nilai yang Anda yakini bukanlah perihal yang mudah, bahkan bila orang-orang di lingkungan kerja Anda condong bersikap tidak sesuai bersama nilai-nilai yang Anda percaya. Mungkin bukanlah perihal yang mudah untuk menjelaskan ‘tidak’ bila Anda harus melakukan yang tidak sesuai bersama permohonan Anda, tapi Anda sanggup senantiasa mempertahankannya bersama langkah yang halus atau lewat lelucon. Dengan demikianlah teman kerja Anda menyadari bahwa Anda mempunyai prinsip dan mereka dapat menjunjung itu.

2. Ucapan dan Tindakan yang Sejalan

Anda sudah mengambil keputusan nilai yang Anda yakini, seterusnya lakukanlah perihal yang bersamaan bersama perihal tersebut. Hal ini mutlak bahkan kecuali Anda sudah menjelaskan kepada orang-orang apa saja yang Anda yakini dan tidak. Jangan sampai apa yang Anda ucapkan tidak mirip bersama yang Anda lakukan. Jika sampai itu terjadi, alih-alih keluar berintegritas, Anda malah dapat keluar plin-plan.

3. Hati-hati bersama Uang

Integritas seseorang sering kali diuji kala berhadapan bersama uang. Jika Anda tidak sanggup menghambat diri berasal dari uang, maka mutu Anda sebagai seorang karyawan yang kredibel dipertanyakan dan bahkan karier yang Anda bangun bertahun-tahun sanggup menjadi hancur. Korupsi menjadi wujud paling nyata berasal dari karakter seseorang yang tidak berintegritas. Ada banyak contoh korupsi yang sering berlangsung di lingkungan kerja, layaknya memanipulasi jumlah duit di dalam laporan dan atau menerima duit suap yang tidak seharusnya. Ubah paradigma Anda mengenai uang, bahwa duit bukanlah segalanya, supaya Anda tidak mudah terprovokasi.

4. Selalu Berkata Jujur

Integritas erat kaitannya bersama kejujuran. Penerapan karakter jujur ini termasuk segala perihal di dalam keseharian Anda di dunia kerja, layaknya bagaimana Anda bekerja dan bagaimana Anda selesaikan pekerjaan. Hindari berbohong, sebab kebohongan sanggup memberi tambahan efek domino yang mengakibatkan Anda berbohong lagi di lain waktu.

5. Bertanggung Jawab

Anda harus bertanggung jawab atas segala tindakan dan ucapan Anda. Jika Anda berjanji untuk selesaikan tugas terhadap pukul 16.00, maka tepati janji Anda bersama tidak terlambat mengumpulkannya. Contoh lain berasal dari bertanggung jawab adalah kecuali Anda melakukan kesalahan, jangan was-was untuk mengakuinya. Bertanggung jawablah atas apa yang Anda melakukan dan jangan bercuci tangan bersama menyalahkan orang lain.

Itu dia lima tindakan yang sanggup Anda melakukan di lingkungan kerja supaya menjadi karyawan berintegritas. Tentu saja, menjadi karyawan yang berintegritas membutuhkan prinsip kuat, tapi dapat berdampak positif terhadap diri Anda kecuali Anda terapkan.

Selengkapnya : https://www.gurukelas.co.id/