Mengenal Jenis-Jenis Tuas

Table of Contents

Mengenal Jenis-Jenis Tuas

Siapa di antara anda yang pernah mendengar kata tuas? Mungkin beberapa berasal dari anda tersedia yang masih lupa-lupa ingat ya, atau apalagi tersedia juga yang mulai asing dengan kata itu. Nah, jika kata pesawat simple tentu pernah dengar dong, ya? Hayo, tersedia yang masih ingat apa itu pesawat sederhana?

Ternyata, tuas ini juga ke didalam group pesawat sederhana, lho. Tuas atau pengungkit adalah pesawat simple yang biasanya terbuat berasal dari kayu dengan tumpu di tidak benar satu titiknya dan digunakan untuk mengangkat sesuatu yang berat.

Sementara itu, kita juga sanggup paham nilai keuntungan mekanis berasal dari tuas tersebut. Apa sih keuntungan mekanis itu? Keuntungan mekanis adalah angka yang membuktikan berapa kali pesawat simple sanggup menggandakan gaya

Tuas atau pengungkit digolongkan jadi tiga jenis, lho. Penggolongan ini didasarkan pada letak titik tumpu, titik beban, dan titik kuasanya. Hayo, siapa yang sanggup menebak apa saja jenis-jenisnya? Yap, ketiga jenis tuas selanjutnya di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tuas jenis pertama

Pada tuas jenis pertama, letak titik tumpu berada di antara titik beban dan titik kuasanya. Contoh alat yang juga ke didalam tuas jenis pertama antara lain gunting kuku, gunting, pemotong rumput, tang, linggis, dan jungkat jungkit. Siapa nih yang suka main jungkat jungkit?

2. Tuas jenis kedua

Selanjutnya adalah tuas jenis kedua. Kalau tuas jenis kedua, letak titik bebannya yang berada di antara titik tumpu dan titik kuasa. Nah, contoh-contoh alat yang merupakan tuas jenis ke dua diantaranya adalah alat pembuka tutup botol, alat pemotong kertas, alat pemecah kemiri, dan gerobak beroda satu.

3. Tuas jenis ketiga

Jenis tuas yang terakhir adalah tuas jenis ketiga. Hayo, jika tuas jenis ketiga, titik apa nih yang letaknya berada di tengah? Perfect! jika tuas jenis ini, titik kuasanya yang letaknya di tengah, di antara titik tumpu dan titik beban. Contoh alat yang juga golongan tuas jenis ketiga ini antara lain sekop, stapler (jekrekan), penjepit roti, dan pinset.

Squad, sekarang anda udah paham kan apa itu tuas dan apa saja jenis-jenisnya. Ternyata, penggunaan tuas ini tersedia manfaatnya, lho. Apalagi manfaatnya jika bukan untuk meringankan beban kerja yang dambakan kita lakukan. Coba deh anda bayangkan jika nggak tersedia sekop, mamang tukang bangunan jadi ada masalah kan bikin mengaduk semen. Begitu juga halnya jika tidak adanya alat-alat tuas yang lain. Pekerjaan kita jadi jadi berat dan terhambat.

Baca Juga :