POTENSI SDM DAN SDA KECAMATAN NGANTANG LUAR BIASA

POTENSI SDM DAN SDA KECAMATAN NGANTANG LUAR BIASA

 

NGANTANG

Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM menilai Kecamatan Ngantang dengan seluruh desanya memiliki potensi yang luar biasa. Mulai dari potensi sumber daya manusianya dengan keberadaan warganya yang kompak dan guyub, hingga sumber daya alamnya juga begitu indah dan lahan pertanian yang sangat produktif.

Pertanian kopi dan durian begitu tumbuh pesat di Desa Sumberagung, begitu juga keberadaan ternak sapi perah dengan produksi susu perah. Begitu juga dengan di Desa Kaumrejo yang berhasil menggelar festival durian, dan memiliki pemandangan indah dari kawasan wisata lingkar Bendungan Selorejo Ngantang. Sementara di Purworejo adalah keberadaan pertanian bawang merah yang cukup terkenal.

Gerakan Membangun atau Gema Desa

”Gerakan Membangun atau Gema Desa ini digelar sebagai upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Malang. Kecamatan Ngantang ini memiliki potensi luar biasa yang terus dikembangkan agar semakin meningkat dan bernilai lebih. Seperti keberadaan produksi pertanian durian dari beberapa desanya,” terang Pak Sanusi, sapaan akrab Wabup di akhir kegiatan Gema Desa, petang tadi.

Dalam Gema Desa kali ini

Pak Sanusi, sapaan akrab Wabup juga melakukan sejumlah kunjungan diantaranya untuk meninjau program bedah rumah, peternakan sapi perah warga, hingga melakukan tanam pohon. Tak ketinggalan, sejumlah peresmian juga digelar diantaranya Embung Bumdesa bersama Kusuma Sejahtera Kecamatan Poncokusumo dan The Land of Hope Ngantang Park di jalan Mbah Legi Dusun Kebonsari Desa Sumberagung. Masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat yang sempat dikunjungi Wabup merasa senang dan bangga serta berharap semakin diiperhatikan oleh Pemkab Malang dan pemerintah provinsi serta pusat.

”Program Pemkab Malang yang akan dijalankan adalah spp untuk SD/MI dan SMP/MTs digratiskan melalui BOSda. Sedangkan, BPJS untuk masyarakat sebanyak 160 ribu orang sudah tercover Pemkab Malang. Semoga desa yang semula belum berkembang menjadi berkembang, yang berkembang menjadi semakin maju,” harap Wabup.

Di akhir kegiatan Gema Desa

Wabup menyaksikan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dengan berkomitmen Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh masyarakat Desa Purworejo. Dalam kesempatan ini, tiga desa lainnya berkomitmen sama dengan Desa Purworejo, antara lain Desa Pandansari, Banjarejo dan Pagersari.

Artikel terkait :