Keberlanjutan Program USAID Prioritas

Keberlanjutan Program USAID Prioritas

Keberlanjutan Program USAID Prioritas
Keberlanjutan Program USAID Prioritas

BANDUNG–Beragam praktik yang baik dalam bidang pembelajaran, manajemen sekolah, budaya baca, partisipasi masyarakat, dan tatakelola pendidikan di daerah kab/kota mitra USAID PRIORITAS diyakini sebagai kemajuan penting bidang pendidikan.

Menjelang program USAID berakhir, menjadi tekad segenap pemangku kepentingan pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk merawat dan mengembangkannya lebih lanjut. Untuk itu, sejumlah upaya strategis untuk menjamin sustainabilitas praktik baik itu sudah mulai dipikirkan dan dirancang.

Hal demikian mengemuka pada rapat koordinasi para pemangku kepentingan pendidikan

Jawa Barat di Bandung, Selasa (24/1).

Hadir pada kesempatan ini perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Barat, Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat, Biro Pelananan dan Pengembangan Sosial Dasar (Yanbangsos) Setda Jabar, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat, Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag, Balai Diklat Kemenag (BDK) Jabar, Bappeda Jawa Barat, dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK-IPA).

Kepala Seksi Bina PAUDNI dan Dikdas Disdikbud Jabar Aang Karyana mengatakan

, Disdik Jabar masih memfasilitasi BOS untuk SD dan SMP sampai pada tahun 2017, masih memfasilitasi murid mutasi, dan masih memfasilitasi UAN. Ini semua memungkinkan Disdik Jabar turut mengamankan kesinambungan praktik yang baik warisan USAID PRIORITAS.
Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Disdikbud Jabar Hendra Kusuma Sumantri mengaku, pihaknya sedang mengajukan regulasi agar pemerintah daerah di tingkat provinsi juga bisa berkontribusi dalam pembinaan pendidikan dasar di tingkat kabupaten dan kota. Dengan demikian, pemerintah provinsi bisa turut andil secara langsung menjamin keberlanjutan praktik pendidikan yang baik dampak program USAID PRIORITAS.

Erna Irnawati, Koordinator USAID PRIORITAS Jawa Barat, menyambut baik

niat kuat para pemangku kepentingan pendidikan Jawa Barat untuk memelihara praktik pendidikan yang baik. “Saat peran kami berkurang dan kemudian berakhir, peran pemerintah provinsi dengan segenap pemangku kepentingan pendidikan seyogianya semakin kuat dan dominan untuk memelihara dan mengembangkan lebih lanjut dampak program ke daerah dan sekolah/madrasah yang belum mendapatkan manfaat program,” katanya. [DS]

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/reedcooper/blog/entry/147950987/how-to-learn-more-about-business