5 BUMN Jabar seleksi Siswa untuk dikirim ke Sulut

5 BUMN Jabar seleksi Siswa untuk dikirim ke Sulut

5 BUMN Jabar seleksi Siswa untuk dikirim ke Sulut
5 BUMN Jabar seleksi Siswa untuk dikirim ke Sulut

BANDUNG-Lima BUMN di Jawa Barat yakni PT Bio Farma

, PTPN III, PTPN VII, Perum Jasa Tirta II (PJT II) dan PT Pupuk Kujang akan kirim 20 Siswa SMA/SMK berprestasi dari Kabupaten/Kota Jawa Barat Ke Sulawesi Utara, untuk mengikuti pertukaran pelajar dengan siswa dari Sulawesi Utara dalam Program Siswa Mengenal Nusantara 2016 (SMN 2016) yang diprakarsai oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dengan proses seleksi sinergi dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Seleksi yang diselenggarakan pada tanggal 23 Juli 2016 di Aula Mohamad Yamin, Dinas Pendidikan Jawa Barat diikuti oleh 54 peserta yang berasal dari 10 SMA dan 10 SMK yang berada di seluruh Kota / Kabupaten di Jawa Barat.

Menurut Kordinator Dewan Juri SMN 2016,Tedi Hidayat

, kriteria penilaian SMN 2016 terdiri dari 3 aspek antara lain Prestasi Akademik, Wawasan Nusantara, Pengetahuan umum mengenai Jawa Barat seperti kesenian Jawa Barat, pariwisata, pemerintahan Jawa Barat dan faktor penunjang seperti pertujukan seni dan budaya.

“Kami tentu akan memilih siswa yang memiliki prestasi akademik yang baik,yang ditunjang dengan pengetahuan mereka mengenai wawasan nusantara dan pengetahuan mereka tentang Jawa Barat termasuk kultur dan kecakapan dalam berbahasa sunda, karena mereka akan mewakili Jawa Barat di Sulawesi Utara”,” katanya Sabtu.

Tedi menambahkan, setiap siswa seleksi diharuskan

untuk mengirim tulisan artikel yang telah ditentukan oleh dewan juri kemudian harus dipresentasikan di hadapan tim dewan juri.

Kordinator SMN Jawa Barat, N. Nurlaela Arief mengatakan program Siswa Mengenal Nusantara di Jawa Barat ini mengambil tema menggali potensi keanekaragaman hayati & budaya Jawa Barat, yang akan diberangkatkan pada 30 Juli – 6 Agustus 2016.

“Selain mengirim siswa Jabar ke Sulut, kami juga akan menerima siswa Sulut untuk mendapatkan pembelajaran dari 5 BUMN mengenai pengenalan aktivitas dan produk BUMN, Sosialisasi kontribusi BUMN kepada masyarakat, juga penerimaan dari Gubernur / Wagub Jabar dan dinas pariwisata tentang wawasan budaya, potensi wisata, ekonomi di Jawa Barat,” tambahnya. jo

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/147702863/manfaat-gotong-royong/