MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI

Makna Denotasi dan Konotasi – Dalam bahasa Indonesia, sebuah kata dapat memiliki dua makna yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh konteks dan tujuan penggunaanya. Semua kata pasti memiliki makna. Tetapi terkadang sebuah kata tidak bisa kita artikan secara langsung, karena dalam penggunaan kata terkadang penulis memiliki maksud yang berbeda-beda. Secara umum kita bisa mencari definisi atau arti semua kata yang terdapat dalam Bahasa Indonesia dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pada kesempatan ini Kelas Bahasa Indonesia, akan membahas ragam makna kata, yaitu Makna Denotasi dan Konotasi.

MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI
MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI

MAKNA DENOTASI
Makna denotatif adalah makna sebenarnya atau makna yang memang sesuai dengan pengertian yang dikandung oleh kata tersebut. Makna denotatif disebut juga makna umum. Contoh kata makan artinya  memasukkan sesuatu ke dalam mulut, dikunyah, dan ditelan. Arti kata makan tersebut adalah makna denotatif.

MAKNA KONOTOSI
Makna konotatif  ialah bukan makna sebenarnya. Dengan kata lain, makna kias atau makna tambahan. Contoh kata putih bisa bermakna suci atau tulus tapi juga dapat bermakna menyerah atau polos. Penggunaan kata bermakna konotatif juga berkaitan dengan nilai rasa, baik nilai rasa rendah maupun tinggi.  Contoh kata gerombolan dan kumpulan secara denotatif bermakna sama, yaitu kelompok manusia. Dua pasang kata tersebut meskipun bermakna denotasi sama, namun secara konotasi mempunyai nilai rasa yang berbeda. Kata gerombolan mempunyai nilai rasa yang rendah, sedangkan kata kumpulan bernilai rasa tinggi.

CONTOH MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI

Makna Denotatif (referensial)
1. Merah “warna  dasar yang serupa dengan warna darah”
2. Babi “binatang menyusui bermoncong panjang, berkulit tebal dan berbulu kasar”
3. Ular ” binatang melata tidak berkaki, tubuhnya agak bulat memanjang. kulitnya bersisik, hidup di tanah atau di air, memiliki bisa, aja juga yang tidak”

Makna Konotatif (evaluatif / emotif)

Makna Dasar                              Makna Tambahan
1. Merah = Warna                      Berani, dilarang
2. Babi    = Binatang                  Haram, najis
3. Ular    = Binatang                   Menakutkan, berbahaya
4. Mampus = Mati                      Kasar, jelek

Kata-kata yang bermakna denotatif digunakan dalam karya ilmiah, sedangkan kata-kata bermakna konotatif sering digunakan dalam menulis karya sastra.

Demikian postingan tentang Makna Denotasi dan Konotasi Semoga bermanfaat.

Selamat Belajar…!!! 🙂


Baca Juga Tentang : Konjungsi