MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS IKLAN

Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks IklanIklan merupakan salah satu bentuk wacana persuasif, iklan dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk mengikuti, melaksanakan, atau membeli produk/sesuatu yang dipromosikan dalam iklan. Dalam tubuh iklan memiliki dua unsur, yaitu pernyataan yang bersifat fakta dan bersifat opini.

TEKS IKLAN
TEKS IKLAN

Yang dimaksud Fakta dalam Teks iklan adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan. Dalam iklan disajikan sejumlah fakta-fakta produk yang diiklankan secara lengkap, yang mencakup identitas produk yang ditawarkan (nama, jenis, produsen), komposisi, kegunaan, dan saran penggunaan produk secara lengkap.

Sedangkan yang dimaksud Opini dalam Teks Iklan adalah kata atau kalimat dalam iklan yang tidak berupa fakta, melainkan berupa pendapat, yang mendukung fakta-fakta dalam iklan. Meskipun tujuan iklan untuk menggerakan atau membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan, iklan yang baik harus tetap memperhatikan fakta-fakta produk secara jujur. Opini dalam iklan berguna untuk memberikan penguatan terhadap fakta-fakta produk yang ditawarkan.
Contoh :
CUCI GUDANG. Kmptr & Lptop,
Hrg. Istw. Stok Trbts.
Jl. Ar. Hakim Tegal. Telp. 23443563

Fakta dalam Iklan baris di atas adalah  :

– Kmptr & Lptop
– Jl. Ar. Hakim Tegal
– Telp. 23443563
Fakta dalam iklan di atas yaitu barang yang dijual dan alamatnya
Sedangkan opininya adalah  :
– Hrg Istw
– Stok Trbts
Pernyataan tersebut termasuk opini karena bersifat subjektif
Selamat Belajar … !!! 🙂

Baca Juga :