CU (Control Unit)

CU (Control Unit)

CU (Control Unit)
CU (Control Unit)

Unit kontrol adalah

bagian dari prosessor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Tanggungjawab unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Arithmatic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

 

Tugas dari unit kendali (control unit) ini adalah:

  1. a)Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
  2. b)Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
  3. c)Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan)untuk diproses
  4. d)Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika
  5. e)Mengawasi kerja ALU
  6. f)Menyimpan hasil proses ke memori utama

Macam-macam CU (Control Unit):

  1. Single-Cycle CU (Control Unit)

Proses di CU ini hanya terjadi dalam satu clock cycle, artinya setiap instruksi ada pada satu cycle. Maka dari itu tidak memerlukan state. Clock cycle harus mempunyai panjang yang sama untuk setiap jenis instruksi. Ada dua bagian pada unit control ini, yaitu proses men-decode opcode untuk mengelompokkannya menjadi 4 macam instruksi (yaitu di gerbang AND), dan pemberian sinyal kontrol berdasarkan jenis instruksinya (yaitu gerbang OR). Sinyal kontrol yang dihasilkan bergantung pada jenis instruksinya.

 

Empat jenis instruksi ini adalah:

  • R-format ( berhubungan dengan register)
  • lw ( membaca memori)
  • sw (menulis memori)
  • beg (branching)

Multi-Cycle CU (Control Unit)

Berbeda dengan unit control yang single-cycle, unit control multi-cycle lebih memiliki banyak fungsi. Dengan memperhatikan state dan opcode, fungsi boolean dari masing-masing output control line dapat ditentukan. Masing-masing akan menjadi fungsi dari 10 buah input logic. Pada cycle ini, sinyal kontrol tidak lagi ditentukan dengan melihat pada bit-bit instruksinya. Bit-bit opcode memberitahukan operasi apa yang selanjutnya akan dijalankan CPU, bukan instruksi cycle selanjutnya.

Sumber : http://compass-adv.net/sistem-pendidikan-yang-ideal-untuk-anak/