Dubes RI untuk India Mengunjungi Menteri Pendidikan Bhutan

Dubes RI untuk India Mengunjungi Menteri Pendidikan Bhutan

Dubes RI untuk India Mengunjungi Menteri Pendidikan Bhutan
Dubes RI untuk India Mengunjungi Menteri Pendidikan Bhutan

Duta besar RI untuk India, Sidharto Suryodipuro melakukan kunjungan resmi ke Menteri Pendidikan Bhutan,

Lyonpo Norbu Wangchuk, di Thimphu, Bhutan, pada Rabu (15/11). Dengan pengalaman sebelumnya sebagai Menteri Urusan Ekonomi, Menteri Wangchuk memiliki perspektif kebijakan peningkatan pendidikan yang utuh, khususnya sejalan dengan kebijakan ekonomi.

’’Saya kira kebijakan Indonesia yang menganggarkan 20 persen dana APBN untuk pendidikan dan dinyatakan melalui UU itu kebijakan yang bagus,’’ ujarnya.

Warga Bhutan sendiri, kebanyakan tinggal tersebar di desa-desa kecil dan terletak terpencil

di pegunungan Himalaya yang tak terlalu mudah dicapai. Di desa-desa itu, dibangun village school atau sekolah desa. Namun, permasalahan penyediaan guru andal, fasilitas belajar, serta komunikasi tak mudah diatasi. Permasalahan serupa juga dihadapi Indonesia dengan pulau-pulau terpencilnya serta desa di pedalaman Sumatra sampai Papua.

Kendala di kedua negara, seperti keterbatasan infrastruktur dan dana di desa-desa terpencil,

juga nyaris sama. Kedua negara membutuhkan solusi cerdas dengan biaya hemat.

Dengan kemiripan tantangan pendidikan yang dihadapi, Dubes Arto Suryodipuro bersama Menteri Norbu Wangchuk mengharapkan ada upaya nyata oleh pendidik Indonesia bersama pendidik Bhutan untuk berinovasi guna menemukan solusinya.

Melalui pengembangan sistem pelatihan guru, penciptaan metodologi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi, dan kebijakan pendidikan terkait lainnya, Bhutan memiliki harapan besar atas terwujudnya kerja sama pendidikan dengan Indonesia. (*)

 

Baca Juga :