Usulan Rumusan Dasar Negara Pada Masa Sidang BPUPKI 1

Usulan Rumusan Dasar Negara Pada Masa Sidang BPUPKI 1

 

Usulan Rumusan Dasar Negara Pada Masa Sidang BPUPKI 1

Sidang BPUPKI 1

Sidang BPUPKI 1 dibuka oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat yang bertindak sebagai ketua sidang, dalam sidang tersebut ketua sidang meminta semua peserta sidang untuk memikirkan dasar negara Indonesia merdeka. Dengan adanya permintaan tersebut, muncul tanggapan dari tokoh nasional dengan menyampaikan usulannya mengenai pemikiran dasar negara Indonesia merdeka. Adapun tokoh yang menyampaikan usulannya yaitu Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno.
  • Tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muh Yamin berpidato dalam sidang BPUPKI untuk menyampaikan gagasannya tentang konsep dasar negara Indonesia merdeka. Gagasan tentang dasar negara Indonesia merdeka yang disampaikan oleh Muh. Yamin sebagai berikut:
  1. Peri kebangsaan.
  2. Peri kemanusiaan.
  3. Peri ketuhanan.
  4. Peri kerakyatan.

Kesejahteraan rakyat

  • Tanggal 31 Mei 1945, Mr. Soepomo mengemukakan gagasannya dalam sidang BPUPKI yang isinya sebagai berikut:
  • Paham Negara Persatuan
    Negara persatuan adalah negara yang mengatasi segala golongan dan perorangan.
  • Penghubungan Negara dan Agama
    Dalam negara persatuan, urusan agama terpisah dari urusan negara. Dalam negara persatuan yang demikian itu seseorang merdeka memeluk agama yang disukainya.
  • Sistem Badan Permusyarawatan
    Kedudukan kepala negara dalam negara persatuan penting sekali. Ia harus menjadi pemimpin negara yang sejati. Ia harus bersatu jiwa dengan rakyat seluruhnya.
  • Sosialisme Negara
    Dalam negara yang berdasarkan persatuan, dalam lapangan ekonomi dipakai sistem sosialisme Negara. Perusahaan-perusahan yang penting diurus oleh negara sendiri. Negara bersifat kekeluargaan dalam lapangan ekonomi. Sistem tolong menolong dan sistem koperasi hendaknya dipakai sebagai salah satu dasar ekonomi negara Indonesia.
  • Hubungan Antarbangsa
    Negara Indonesia yang berdasarkan semangat kebudayaan Indonesia yang asli dengan sendirinya merupakan negara Asia timur raya.

Selain gagasan dasar negara merdeka. Konsep hukum dasar tersebut yang akhirnya dijadikan batang tubuh UUD 1945.

  • Tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno berpidato tanpa teks mengenai calon rumusan dasar negara Indonesia merdeka. Dalam pidatonya itu Soekarno menyampaikan lima asas yang menjadi dasar negara merdeka, lima asas itu oleh Soekarno disebut Pancasila.

Rumusan dari Pancasila tersebut yaitu:

1). Kebangsaan Indonesia.
      2). Internasionalisme atau perikemanusiaan.
      3). Mufakat atau demokrasi.
      4). Kesejahteraan sosial.
      5). Ketuhanan yang maha esa.

Sebelum sidang pertama BPUPKI ditutup, BPUPKI membentuk panitia kecil yang terdiri dari delapan orang anggota (panitia delapan) yang diketahui oleh Ir. Soekarno. Panitia delapan bertugas memeriksa semua usul yang masuk untuk ditampung dan dilaporkan kepada sidang Pleno BPUPKI 2, maka para anggota diperintahkan supaya mengajukan usulan secara tertulis paling lambat tanggal 20 Juni 1945.
Artikel terkait :