Di Balik Penderitaan

Di Balik Penderitaan

Di Balik Penderitaan
Di Balik Penderitaan

Suatu ketika, sebuah kapal yang tengah berlayar

mengarungi lautan luas mengalami sebuah kecelakaan dan lalu tenggelam. Dari sekian banyak penumpang yang ada, hanya satu orang saja berhasil menyelamatkan diri dan kemudian terdampar di sebuah pulau yang tidak berpenghuni dengan keadaan pingsan.

 

Keesokan harinya saat tersadar

ia terus memandangi lautan luas yang terbentang di hadapannya sambil berteriak meminta pertolongan. Ia berharap kalau-kalau ada kapal yang melintas di sekitar pulau itu dapat mengetahui keberadaannya lalu memberikan pertolongan. Tapi setelah beberapa hari melakukan hal itu, tak ada satu pun kapal melintasi pulau itu. Ia pun menjadi lelah melakukan hal itu terus-menerus, maka didirikannyalah sebuah gubuk kecil sebagai tempat berlindung dari panas dan dinginnya cuaca.

 

Hari terus berganti, tanpa terasa kini sudah lebih satu tahun

ia berada di pulau itu. Ia sudah terbiasa hidup di di sana dan mulai melupakan harapan untuk dapat keluar dari pula itu. Hari-hari yang ia lalui, dihabiskannya dengan rutinitas yang sama, yaitu untuk terus dapat bertahan hidup.

 

Suatu hari sepulang dari mengumpulkan bahan makanan

ia mendapati gubuknya terbakar dengan asap yang membumbung tinggi ke angkasa. Dalam keadaan itu ia merasa sangat marah, “Tuhan, mengapa Engkau lakukan ini kepadaku?” teriaknya.

Keesokan paginya, ia terbangun dan dikejutkan oleh suara keras. Dengan perasaan yang hampir tidak percaya, dilihatnya sebuah kapal berlabuh di pantai pulau itu untuk menyelamatkan dirinya. Ia pun lalu menghampiri kapal itu dan bertanya kepada orang yang ada di sana. “Bagaimana kalian tahu bahwa aku ada disini?”

“Kemarin kami melihat tanda asap tebal yang telah kau kirimkan.” jawab mereka.

***

Kawan, terkadang keberuntungan itu datang di balik apa yang kita sebut dengan musibah. Maka tetaplah sabar dan cobalah untuk selalu berpikiran terbuka dalam menghadapi setiap cobaan itu. Mungkin saja di balik itu semua terdapat sebuah anugerah yang diperuntukkan Tuhan kepada kita, bukankah sering kali keberuntungan itu datang dari hal yang tidak kita duga?… Kawan, dalam hidup ini kita tidak pernah benar-benar tahu apa yang menjadi rahasia Tuhan kepada kita.

Baca Juga :