Latar Belakang Kedatangan VOC di Maluku Utara

Latar Belakang Kedatangan VOC di Maluku Utara

Latar Belakang Kedatangan VOC di Maluku Utara
Yang melatar belakangi Kedatangan VOC di Maluku Utara, yaitu bermula dari undangan penguasa Ternate, yaitu dikala Spanyol jalankan serbuan ke Benteng Gamlamo pada th. 1606. Mereka berhasil menangkap Sultan Saidi beserta hampir seluruh botato-nya. Kemudian mereka diasingkan ke Manila & selama hayatnya hanya Kaicil Hamzah yang sanggup ulang ke Ternate pada th. 1627 & setelah itu hidup selama 21 th. di pengasingan.

Jogugu Hidayat, Kaicil Ali & Kimalala Aja berhasil meloloskan diri saat Spanyol jalankan penyerbuan. Kemudian Jogugu Hidayat mengutus Kaicil Ali yang saat itu berusia 20-an th. & ditemani Kimalaha Aja pergi ke Banten untuk meminta pemberian VOC kegunaan mengusir Spanyol dari Ternate. Dan tanggal 29 Maret 1607, Laksamana Matelief de Jonge bersama armadanya tiba di Ternate atas usaha Kaicil Ali & Kimalaha Aja.

Dan tidak lama lantas pas tanggal 26 Juni 1607 de Jonge diberi tanda tangan perjanjian bersama kesultanan Ternate berkaitan bersama hak monopoli perdagangan rempah-rempah VOC, dan juga pembangunan Benteng Oranje & pemukiman Willemstad sebagai kesepakatan atas pemberian VOC melawan Spanyol. https://www.biologi.co.id/6-ciri-ciri-makhluk-hidup/

Demikianlah ulasan kedatangan VOC di Maluku Utara yang pada kesempatan yang baik ini, sanggup disampaikan secara singkat.

Baca Juga :