UPTD Tikomdik Sosialisasikan Kuis Kihajar dan Anugerah Atikan 2019

UPTD Tikomdik Sosialisasikan Kuis Kihajar dan Anugerah Atikan 2019

UPTD Tikomdik Sosialisasikan Kuis Kihajar dan Anugerah Atikan 2019
UPTD Tikomdik Sosialisasikan Kuis Kihajar dan Anugerah Atikan 2019

Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan

(Tikomdik) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menyosialisasikan Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) dan Anugerah Atikan Jawa Barat Tahun 2019 di Hotel Takashimaya, Jln. Grand Hotel No. 35 Lembang, Kabupaten Bandung, Minggu (14/7/2019). Para peserta terdiri dari pengawas sekolah, musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMA dan SMK serta perwakilan kantor cabang dinas (KCD) di seluruh wilayah Jawa Barat (Jabar).

Di tingkat provinsi, pelaksanaan kuis yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini, dilimpahkan kepada UPTD Tikomdik Disdik Jabar. Sedangkan Anugerah Atikan merupakan program pendidikan yang diinisiasi UPTD Tikomdik Disdik Jabar.

Kadisdik Jabar, Dewi Sartika mengatakan, pelaksanaan Kuis Kihajar dan Anugerah Atikan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa, sekaligus mengembangkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bidang pendidikan.

“Kita harus mendorong kebijakan pendidikan yang berpijak pada pendayagunaan TIK guna meningkatkan mutu pendidikan dan akselerasi sekolah,” tutur Kadisdik, Minggu (14/7/2019).

Pendayagunaan TIK, lanjutnya, harus diiringi peningkatan sumber daya manusia (SDM),

khususnya SDM guru dan tenaga pendidik. Untuk menunjang hal tersebut, guru dan tenaga pendidik pun harus mampu meningkatkan kompetensi di bidangnya masing-masing.

“Kita tidak boleh lengah. Di era revolusi industri 4.0 yang sudah menggunakan interner of things (IoT), kita harus mampu beradaptasi dengan penggunaan teknologi,” jelasnya.

Kadisdik pun mengajak seluruh penyelenggara pendidikan untuk terus berkreativitas dan menghasilkan berbagai inovasi yang bermanfaat guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional. “Inovasi yang Bapak dan Ibu buat, nanti akan diberi hak paten. Itu salah satu apresiasi yang akan Disdik berikan,” ujarnya.

Selain Kadisdik, kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Kepala UPTD Tikomdik,

Hendra Kusuma Sumantri, Kepala Seksi Pelayanan dan Promosi (Abur Mustikawanto), dan Kepala Seksi Pengembangan dan Produksi (Ida Nurwidayanti).

Kuis Kihajar merupakan ajang kompetisi bagi peserta didik SD, SMP, SMA, dan SMK/sederajat di seluruh tanah air dan sekolah di luar negeri sebagai wahana untuk menyosialisasikan pendayagunaan TIK melalui pemanfaatan TV Edukasi.***

 

Sumber :

https://weareglory.com/sejarah-kerajaan-kalingga/