Plh. Gubernur Maluku Buka UNBK Di SMAN 11 Ambon

Plh. Gubernur Maluku Buka UNBK Di SMAN 11 Ambon

Plh. Gubernur Maluku Buka UNBK Di SMAN 11 Ambon
Plh. Gubernur Maluku Buka UNBK Di SMAN 11 Ambon

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA berlangsung di seluruh Indonesia

hari ini tanggal 1 April 2019, termasuk di Provinsi Maluku. Khusus untuk SMA Negeri 11 Ambon, penekanan Token dilakukan Plh. Gubernur Maluku, Hamin Bin Thahir, SE sebagai tanda dimulainya UNBK di sekolah tersebut.

Plh. Gubernur Maluku, Hamin Bin Thahir, SE dalam arahannya mengatakan, UNBK tingkat SMA, MA, SMALB diharapkan akan berjalan lancar kendatipun masih ditemui berbagai keterbatasan.

Berkat kerjasama antara Pemerintah Daerah setempat, sekolah, orang tua murid, Telkom dan PLN, sehingga Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dapat berjalan baik dan lancar.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 11 Ambon, Drs. Hilal Wattiheluw

, M.Si melaporkan, Plh. Gubernur Maluku dalam kunjungannya di SMA Negeri 11 Ambon, sekaligus membuka dimulainya Ujian Nasional Berbasis Komputer. UNBK dapat berjalan lancar atas dukungan Pemerintah Provinsi Maluku Cq. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama orang tua siswa, termasuk stakeholder.

Menurutnya, dari lima ruang Laboratorium terdapat 200 unit komputer dan 65 unit komputer merupakan bantuan stakeholder bersama orang tua meminjamkan kepada sekolah.

Dengan motto Sukses, sehingga diharapkan hasil UNBK

pada sekolah ini pun sukses, karena telah dilaksanakannya pemantapan kurang lebih enam bulan seperti try out, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan seluruhnya menggunakan UNBK Off line, sedangkan yang dilaksanakan saat ini adalah UNBK Online.

SMA dan MA, di Provinsi Maluku yang melaksanakan UNBK dengan siswa terbanyak adalah SMA Negeri 11 Ambon yaitu 548 siswa dan seluruh siswa ikut UNBK.
Suasana Telekonprens.
Suasana Telekonprens.

Setelah membuka UNBK di SMA Negeri 11 Ambon Plh. Gubernur Maluku didampingi Kadis Dikbud Maluku Drs. M. Saleh Thio, M.Si melakukan Telekonprens dengan 10 SMA dan 3 MAN di 11 kabupaten/kota berlangsung di Kantor Dinas Dikbud Maluku.

Dalam berbicara jarak jauh atau Telekonprens, Plh. Gubernur dan Kadis Dikbud bergantian menjawab, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada MAN 1 Ambon, MAN Tual, MAN Malteng, SMA Negeri 1 Waisela Kabupaten Seram Bagian Barat, SMA Negeri 1 Masohi, SMAN Namrole, SMAN 2 Buru, SMA N Unggulan Saumlaki, SMAN 1 Tual, SMAN Tiakur MBD, SMAN 1 PP. Aru, SMAN 2 Kei Kecil dan SMAN 1 Seram Bagian Timur.

Usai Telekonprens kepada wartawan Plh Gubernur Maluku mengatakan, UNBK tingkat SMA dan MA diharapkan berjalan aman dan lancar sama seperti UNBK tingkat SMK beberapa hari lalu.

Soal SMA yang belum melaksanakan UNBK kata Hamin Bin Thahir akan berkoordinasi dengan Dinas Dikbud Maluku, termasuk tingkat SMP akan berkoordinasi dengan Dinas Dikbud di kabupaten/kota, sehingga tidak hanya SMK dan SMA yang sukses tetapi juga SMP dan SD.

Kadis Dikbud Maluku Drs. M. Saleh Thio, M.Si mengatakan, pelaksanaan UNBK tingkat SMA, MA, SMALB di Provinsi Maluku sebanyak 346 sekolah, terdiri dari SMA 280 sekolah, MAN 57 dan SMALB, dengan jumlah siswa secara keseluruhan 22.699, dengan perincian 20.000 SMA, MA 2.435 dan SMALB 26 siswa.

 

Baca Juga :