Aktivitas Pintar guna Anak Batita

Aktivitas Pintar guna Anak Batita

Untuk anak di bawah 3 tiga tahun (Batita), kegiatan yang cocok ialah kegiatan yang bersangkutan dengan keterampilan motorik halus. Mengingat mereka tengah berada dalam proses membina kekuatan otot-otot jari, serta mengajar koordinasi antar unsur anggota tubuh. Nah, inilah 3 kegiatan pintar guna anak batita, yang dapat Anda terapkan.

Mewarnai dan Menggambar

Di umur ini, ajak anak guna mulai belajar mengenal alat-alat tulis, laksana pensil warna dan krayon, untuk lantas menikmati pekerjaan dengan alat-alat tersebut. Dampingi dan sibukkan mereka dengan kegiatan corat-coret, baik tersebut mewarnai maupun menggambar. Meski memang, yang mereka kerjakan masih sekedar menggerakkan perangkat tulis secara bebas cocok dengan kemauan mereka.

Aktivitas laksana ini pada dasarnya paling baik guna meningkatkan khayalan dan kreativitas anak, serta pun adalahsarana ekspresi dari emosi mereka. Melalui kegiatan ini pula, otot-otot jari tangan akan diajar untuk menjadi lebih kuat. Hal ini urgen sebagai pondasi untuk kegiatan motorik halus dan kasar di tahap umur selanjutnya.

Hanya saja, kita memang mesti meluangkan media kreatif yang cukup supaya anak-anak tidak menuangkan kreativitasnya di dinding, di lantai, atau di lokasi lainnya. Anda dapat menyediakan buku-buku mewarnai, kitab gambar, ataupun kitab wipe clean.

Menggunting – Menempel

Di samping mencorat-coret, kegiatan pintar guna anak batita lainnya ialah menggunting dan menempel. Dengan kegiatan ini, anak bakal mulai belajar guna mengenal sekian banyak macam bentuk, warna, dan karakter. Daya kreativitas dan khayalan mereka juga akan diajar ketika anak akan menyusun atau menempelkan stiker. Bebaskan mereka guna melakukannya cocok dengan keinginan.

Lebih dari itu, kegiatan pintar guna anak batita yang satu ini pun akan mengajar kekuatan otot-otot jari, baik tersebut selama proses menggunting maupun menempel. Daya konsetrasi anak pun akan diajar mengingat kegiatan ini memerlukan koordinasi antara mata dan pergerakan tangan.

Untuk keselamatan, usahakan pilihlah gunting khusus guna anak yang tercipta dari plastik, supaya tidak membahayakan anak maupun orang beda di sekitarnya. Tata teknik pengggunaan gunting yang benar pun penting guna Anda ajarkan, supaya proses menggunting dapat berjalan fasih dan aman. Serta, tidak boleh lupa untuk menyatakan pada anak bahwa tidak seluruh kertas dapat mereka gunting. Hal ini urgen untuk mengantisipasi antusiasme berlebih anak terhadap sebuah kegiatan yang tengah mereka senangi.

Finger Painting

Aktivitas pintar guna anak batita yang pun direkomendasikan guna Anda terapkan ialah Finger painting. Secara sederhana, Finger painting dapat ditafsirkan sebagai kiat melukis dengan memakai jari dan tangan. Dengan kegiatan ini, khayalan dan kreativitas anak –utamanya di bidang seni—akan diasah, melewati permainan warna, bentuk, tekstur, dan lainnya.

Di samping itu, sebanyak penelitian pun menuliskan bahwa finger painting ialah salah satu pekerjaan yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan otak. Mengingat kegiatan ini melibatkan nyaris seluruh indra manusia, mulai dari penglihatan, sentuhan, sampai penciuman. Kegiatan ini juga akan menolong merangsang saraf motorik halus anak, saat tangan dan jari mereka saling bergerak dan bergesekan dengan media-media finger painting.

Agar kegiatan ini lebih aman dan ramah anak, usahakan pakai bahan cat eksklusif finger painting yang aman untuk kulit serta pencernaan anak. Hal ini urgen untuk mengantisipasi kejadian anak memakan atau menikmati cat-cat tersebut.

Sumber : http://topdj.ua/away/?uri=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id