Upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan

Upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan

kemiskinan
kemiskinan

– Program rumah sangat murah

Yaitu suatu program yang dicanangkan oleh pak presiden karena beliau tidak menginginkan ada rakyat yang tinggal di bawah jembatan lagi. Program rumah sangat murah ini dibagi menjadi rumah sangat murah dan rumah murah. Rumah sangat murah ditunjukan bagi warga yang sangat miskin dan akan dihargai sekitar 5 – 10 juta per rumah. Pembiayaan tersebut diperoleh dari dana bantuan BUMN, CSR perusahaan swasta, ataupun varian dari itu. Hunian tersebut dapat menjadi hunian smentara bagi rakyat sebelum menepat hunian yang lebih baik.

– Program angkutan umum murah

Digunakan angkutan yang menggunakan energi listrik yang dapat di tukar dengan harga sekitar Rp 120.000.000,- dan diutamakan untuk transportasi warga perdesaan. Hal ini juga bermanfaat untuk meratakan pendistribusian barang dan jasa ke daerah daerah perdesaan.

– Program air bersih untuk rakyat

Pemerintah berharap tidak adanya lagi krisis air bersih pada tahun 2025. Program ini dilaksanakan dengan panduan proyek dan PNPM dengan alokasi bersumber dari dana APBN.

– Program listrik murah dan hemat

Mengurangi secara signifikan penggunaan bahan bakar minyak sebagai sumber daya listrik. Program ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti ; pengadaan bohlam hemat energi dengan harga yang terjangkau, perluasan energi surya melalui teknologi yang canggih namun dengan harga yang murah, serta melakukan percepatan elektrifikasi ke daerah perdesaan.

– Program peningkatan kehidupan nelayan

Untuk para nnelayan, pemerintah memberi layanan pembuatan rumah sangat murah, memberikan pekerjaan alternatif dan tambahan bagi keluarga dan para nelayan, mengarahkan kepada skema UKM dan KUR, pembangunan SPBU solar untuk mempermudah pengisisan bensin pada perahu nelayan, pembangunan cold stroage, angkutan umum murah untuk mempermudah faktor produksi para nelayan, serta menambahkan fasilitas lainnya yang menunjang kehidupan para nelayan seperti sekolah dan puskesmas.

– Pogram penignkatan kehidupan masyarakat di pinggir perkotaan

Dengan memberikan bantuan UKM dan KUR untuk pekerjaan dan upaya relokasi kondisi pabrik yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

Arah Kebijakan Pemerintah

Sesuai dengan tema Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2012 “Percepatan dan Perluasan Ekonomi yang Berkualitas, Inklusif, dan Berkeadilan bagi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat” sebagai upaya pemerintah dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkeadilan maka pada tahun 2012 pemerintah akan memperluas sasaran maupun cakupan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk itu arah kebijakan penanggulangan kemiskinan adalah sebagai berikut:

1. mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan pro rakyat miskin dengan memberikan perhatian khusus pada usaha-usaha yang melibatkan orang-orang miskin dan orang-orang dengan kondisi khusus serta usaha-usaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

2. meningkatkan kualitas serta memperluas kebijakan alternative/keberpihakan untuk penanggulangan kemiskinan melalui 4 klaster penanggulangan kemiskinan.

3. meningkatkan efektivitas pelaksanaan penurunan kemiskinan di daerah termasuk percepatan pembangunan daerah terpencil dan perdesaaan; dan

4. Menata dan meningkatkan kualitas pelaksanaan lembaga jaminan sosial.

Sumber : http://pressreleaseping.com/pressrelease/275573.html