Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jabodetabek

Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jabodetabek

Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jabodetabek
Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jabodetabek

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kawasan Jakarta

dan sekitarnya bakal diterpa hujan cukup lebat dan angin kencang hari ini, Jumat (8/11). Potensi hujan lebat disertai angin kencang diperkirakan terjadi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Selain itu, potensi serupa juga terjadi di Aceh, Jambi, dan Papua. Sementara untuk daerah yang berpotensi hujan lebat tetapi tidak disertai angin kencang diperkirakan terjadi di Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Menurut hasil pantauan BMKG, terjadinya hujan lebat itu disebabkan massa udara

basah di lapisan rendah. Massa udara basah ini terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga mencatat ada belokan angin di sejumlah wilayah di bagian barat, utara dan timur Indonesia.

“Terdapat belokan angin di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah,

Kalimantan bagian barat, tengah dan timur, Sulawesi bagian tengah, Maluku bagian tengah, Papua Barat dan Papua,” tulis Bagian Hubungan Masyarakat Biro Hukum dan Organisasi melalui keterangan rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (7/11).
Lihat juga:Hujan Diprediksi Guyur Jakarta Selatan dan Jaktim Hari Ini

Gelombang 4 Meter

Selain itu, BMKG juga memperingatkan soal potensi gelombang setinggi 1,25 meter hingga 4 meter. Berdasarkan hasil pantauan BMKG, gelombang tinggi ini diperkirakan terjadi pada 8-10 November 2019.

 

Baca Juga :