EVOLUSI MEDIA PENYIMPANAN

Table of Contents

EVOLUSI MEDIA PENYIMPANAN

EVOLUSI MEDIA PENYIMPANAN
EVOLUSI MEDIA PENYIMPANAN

Kita ketahui seiring berjalannya waktu teknologi yang ada di sekitar kita semakin membaik , contohnya disini yang saya umpamakan adalah media penyimpanan external pada komputer.

1.DISKET

Tahun 1967 teknologi floppy disket mulai dikembangkan oleh sejumlah kru IBM di bawah pimpinan Alan Shugart. Empat tahun kemudian, floppy disket diluncurkan ke pasaran . Namun saat diluncurkan namanya bukan Floopy Disket melainkan ‘Memory Disk’. Fisik ‘Memory Disk’ ini berukuran lumayan besar: 8 inci, dan hanya dapat menyimpan data sebesar 79,7 kb (kilobyte). Data yang tersimpan pun tidak dapat dimodifikasi atau dihapus.

pada tahun 1976, floppy disket dengan kapasitas penyimpanan data yang bertambah besar menjadi 160 kb dengan fisik yang lebih kecil: 5¼ inci. Dari sinilah istilah ‘Floppy’ mulai dipakai untuk merujuk pada bentuk fisiknya yang lebih kecil, fleksibel dan gemulai. Sejak itu floppy disket 5¼ inci terus berevolusi dalam hal kapasitas penyimpanan datanya.

2.CD dan DVD

Tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang.CD (Compact Disc) dapat dengan mudah dibawa dan bahkan bisa untuk menyimpan data.

Secara umum, pengertian CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB). CD ROM dapat diakses dan dibaca di layar, atau dicetak dari komputer manapun yang memiliki CD-ROM player. CD dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, seperti: teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video

sekarang DVD (Digital Video Disc) , DVD player yang pertama dan disk yang tersedia pada November 1996 di Jepang, Maret 1997 di Amerika Serikat, 1998 di Eropa dan pada tahun 1999 di Australia.DVD memiliki lima versi recordable DVD: DVD-R, DVD-RW, DVD + R, DVD + RW dan DVD-RAM

perbedaan dari kelima jenis DVD tersebut adalah DVD-R dan DVD + R yang dapat merekam data satu kali, seperti CD-R, sedangkan DVD-RAM, DVD-RW, dan DVD + RW dapat ditulis ulang ribuan kali, seperti CD-RW.

3.FLASH DISK

Penemu / pembuat Flash Disk belum ada yg mengetahui karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000.Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 sudah mencapai 64 GB.

Sumber : https://vhost.id/roll-the-ball-apk/