Optical Drive & Hard Disk

Optical Drive & Hard Disk:

Table of Contents

Optical Drive & Hard Disk

Optical Drive & Hard Disk

Optical Drive & Hard Disk

Memory:

Untuk saat ini,kapasitas RAM1GB adalah syarat minimal untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan nyaman. Alangkah baiknya bila pasang RAM2GB di sistem. Hal yg perlu diperhatikn adalah spek mainboardnya, apakah sudah mendukung fitur dual channel (hampir semua mainboard keluaran baru sudah mendukung dual channel, kecuali type trtentu . Dengan mainboard yang support dual channel, dianjurkan untuk memakai 2keping RAM yg identik.

Jadi kalau mau pasang memory 1G belilah 2keping @ 512 MB dgn merk yang sama (dan kalo bisa batch number yg sama). Memang 2 keping @ 512 MB sedikit lebih mahal dibanding 1 kping @ 1 G, tapi layak dibayarkan karena kinerja memory jadi lebih cepat.

Optical Drive & Hard Disk:

Belilah Optical Drive sesuai kebutuhan. Kalo memang membutuhkan untuk menulis data di DVD, maka mau tidak mau harus memakai DVD-RW. Tapi kalo data cukup ditulis di CD,maka DVD combo adalah pilihan yg paling bijak. Apapun kondisinya, DVD drive sudah menjadi keharusan dewasa ini. Sebagian besar installer aplikasi baru sudah menggunakn format DVD, bukan CD lagi.

Koneksi untuk Optical Drive dan Hardisk sebaiknya mnggunakan yang Serial ATA (SATA). Beberapa mainboard keluaran terbaru sudah jarang yang memiliki port IDE/Paralel ATA secara native. Memang biasanya masih tersedia port IDE,  tapi itu ditangani oleh 1 chipset khusus yg akan merubahnya mnjadi SATA. Kadang-kadang deteksinya lebih lambat, sekalipun bisa berfungsi normal.

Baca Juga :