Cara Mudah Setting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir

Cara Mudah Setting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir

Cara Mudah Setting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir

Cara Mudah Setting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir – Bagi Anda yang ingin setting mikrotik sendiri, langkah-langkah dan penjelasan berikut ini semoga bisa membantu mempermudah prosesnya. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa mikrotik telah siap digunakan, baik itu itu rumah, kantor, atau rumah. Sedangkan cara mudah setting mikrotik cakupannya sendiri masih relatif sederhana, yaitu dari gateway server, dhcp server, dan DNS server.

Sebaiknya Anda sudah memahami apa itu Mikrotik terlebih dahulu sebelum membaca dan mangikuti langkah-langkah yang dijelaskan di sini. Karena jika belum, maka Anda barangkali akan mengalami kesulitan ketika melakukan pengaturan Mikrotik itu sendiri. Agar memudahkan tutorial ini, jika sudah memahami apa itu Mikrotik, tentunya Anda harus mempunyai Mikrotik yang dapat dibeli di toko online terpercaya Anda.

menyeting-mikrotik-dari-awal-sampai-akhir
Baca Juga:

Cara Setting Mikrotik dengan Modem Indihome
Pengertian Mikrotik dan Fungsi Mikrotik pada Jaringan Komputer
Pengertian Mikrotik dan Macam Jenis Mikrotik

Dalam ulasan ini, yang akan digunakan adalah mikrotik RB750r2. Dengan Mikrotik Routerboard, lisensinya pun otomatis terpasang pada perangkat. Dan jika Anda menggunakan PC Anda untuk souter mikrotik, maka lisensi yang diperoleh adalah versi trial atau 0.

Di samping itu, ulasan ini juga akan menggunakan Winbox. Dengan demikian, konfigurasi pun bisa dilakukan dengan tampilan GUI atau Graphic User Interface.

Sebelum Anda melakukan konfigurasi mikrotik, jangan lupa untuk membuat topologi

jaringan terlebih dahulu. Untuk saat ini, topologi yang digunakan masih terbilang sederhana, dengan hanya 1 link keluar, atau ke jaringan internet. Ingat bahwa IP gateway ke internet merupakan IP Public yang diberikan oleh ISP.

Pengaturan Mikrotik

Sambungkan port 1 ke modem, kemudian port 2 ke PC. Kemudian jalankan Winbox, dan buka tab Neighbors. Apabila rb sudah dideteksi Winbox, Anda bisa langsung klik list yang sudah terdeteksi. Kemudian, lakukan konfigurasi default mikrotik dengan memasukkan username admin, dan biarkan kolom password kosong. Klik Connect.

Masuk ke dalam GUI mikrotik. Anda akan temukan interface di mana sidebar

yang ada di sebelah kiri menampilkan daftar fungsi dari mikrotik, seperti Wizard Konfig untuk quick set sampai manual untuk penggunaan mikrotik. Begitu Anda masuk ke dalam GUI, Anda akan perlu mengubah nama interface untuk mempermudah Anda dalam mencari port yang mana untuk dihubungkan ke mana.

Pilih Interface dan sebuah jendela berisi list interface akan muncul.

Klik dua kali salah satu interface agar Anda bisa mengubah namanya. Misal, ubah nama interface 1 jadi Ether 1 Internet untuk link ke Modem/ISP, dan interface 2 jadi Ether 2 Client untuk hub ke client.

 

sumber :

https://carilagu.co.id/haunted-hotel-apk/