ARTI KEBEBASAN MENURUT ISLAM

ARTI KEBEBASAN MENURUT ISLAM

ARTI KEBEBASAN MENURUT ISLAM

Rumusan pasal 18 deklarasi tentang

hak-hak asasi manusia menyebutkan bahwa setiap orang berhak memiliki ha katas kebebasan berpikir, keinsafan batin dan beragama. Rumusan tersebut sejalan dengan prinsip-prinsip yang terdapat dalam Alquran. Namun dengan pengecualian bahwa  islam tidak membolehkan seorang  manusia (dengan mengunakan kebebasanya ) lalu menganti agamanya dari islam ke agama lain. Karna perbuatan ini digolongkan sebagai riddah (murtad) dengan sanksi yang sangat berat.

Manusia berhak memperoleh kehormatan spiritual apabila ia dengan sukarela  tanpa ada paksaan memilih jalan yang benar.[5] Oleh karena itu, manusia sebagai makhluk yang dianugrahi Allah dengan akal, budi dan perasaan dapat membedakan sendiri jalan mana yang benar ( Al-Mustaqim ) dan masa jalan yang salah. Ke mana ia melangkah  dan jalan mana yang dipilih, sepenuhnya dengan bebas ditentukan dengan manusia itu sendiri. Allah sudah meperingati segala resiko dan konsekuensinya bagi setiap jalan  yang ditempuh  oleh manusia di dunia.

Dengan akal manusia membawa fitrahnya menuju kebebasan di alam linkungannya. Itulah sebabnya manusia melakukan tindakan apapun yang disukainya. Tetapi Allah sebagai khlik yang menciptakan  manusia, dengan kasih dan sayang tidak membiarkan berperilaku sangat bebas tanpa suatu batasan yang mengatur segala prilakunya. Untuk tujuan itulah Allah  telah mengutus  nabi-nabi dan rasul. Seperti yang disebutkan dalam Alquran.

 Dalam ajaran islam, kebebasan yang diberikan kepada manusia adalah kebebasan yang dipimpin oleh wahyu. Manusia bebas untuk berprilaku melandaskan norma- norma seperti yang digariskan dalam Alquran.

 Salah satu kebebasan yang dapat disebutkan disini adalah  kebebasan untuk menyatakan pendapat, namun harus delandasi pemikiran yang sehat. Kebebasan menyatakan pendapat di salahartikan, yaitu dengan demonstrasi atau unjuk rasa. Demonstrasi dilakukan oleh sekelompok orang yang menganggap bahwa di dalam masyrakat telah terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan norma- norma yang berlaku dengan mereka menginginkan adanya perbaikan keadaan.

                Demonstrasi adalah salah satu cara untuk menyapaikan keingginan atau aspirasi dengan sopan dan sesuai  dengan cara-cara mengemukakan pendapat dalam islam. Demonstrasi merupakan suatu bentuk tekanan (pressure)  atau pengadilan sosial  (social control)   yang efektif. Didalam islam kebebasan yang dibenarkan adalah kebebasan yang tidak melanggar norma dan ajaran islam.

                  Menurut Hobbes, arti kebebasan bagi setiap orang harus berasarka prinsip kebaikan bersama dibatasi oleh hak setiap orang pada umumnya, bahwa hak saya merupakan kebebasan saya  dan dalam melindunggi hak saya pemerintahan menjaminya. dari apa yang dikemukakan  oleh Hobes, tampak jelas bahwa setiap orang maemiliki kebebasan namun dengan toleransi. Maksudnya walaupun setiap orang memiliki kebebasan namun ia harus tetap memerhatikan hak-hak orang lain. Jadi apa saja yang menjadi hak saya begitu juga kebebasan bagi saya.

        Dari uraian ini timbul pertanyaan kapan seorang dapat memperoleh kebebasan maksimum? Setiap orang dapat menikmati kebebasannya maksimum apabila hak dan derajat  kebebasan yang dimilikinya sama dengan hak dan derajat kebebasan yang dimiliki orang lain.


Sumber: https://fgth.uk/toca-life-apk/