Pengertian Filsafat Islam

Pengertian Filsafat Islam

Pengertian Filsafat Islam

Kata filsafat berasal dari bahasa yunani kuno

yaitu dari kata “Pholos” dan “Sophia”. Philos yang secara harfiah bermakna cinta yang sangat medalam, dan Sophia artinya kearifan atau kebijakan. Makan kearifan melebihi dati pengetahuan, karena kearifan mengaruskan adanya pengetahuan dan dalam kearifan terdapat ketajaman dan kedalaman. Sedangakan John S. Brubacher (1962) berpendapat filsafat dari bahasa yunani filos dan sofia yang berarti “cinta kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan”.

Filsafat adalah studi tentang seluruh kehidupan dan pemikiran secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa.

Filsafat adalah ilmu yang membahas tentang hakikat sesuatu, baik yang bersifat teoritis atau yang bersifat praktis yakni, pengetahuan yang harus diwujudkan dengan amal baik.

Definisi Filsafat Islam menurut beberapa cendekiawan muslim diantaranya Mustofa Abdur Razik, filsafat Islam adalah filsafat yang tumbuh di Negeri Islam dan di bawah naungan Negara Islam, tanpa memandang agama dan bahasa-bahasa pemiliknya. Pengertian ini diperkuat oleh Prof. Tara Chand, bahwa orang-orang Nasrani dan Yahudi yang telah menulis kitab-kitab filsafat yang bersifat kritis atau terpengaruh oleh Islam sebaiknya dimasukkan ke dalam filsafat Islam.

Dr Ibrahim Madzkur: Filsafat Arab bukanlah berarti bahwa ia adalahproduk suatu rasa atau ummat. Meskipun demikian, saya mengutamakanmenamakannya sebagai filsafat Islam, Karen Islam bukan akidah saja, tetapijuga sebagai peradaban.

Dengan uraian diatas maka dapatlah disimpulkan bahwa filsafat Islam adalah suatu ilmu yang diajaran Islam dalam membahas hakikat kebenaran segala sesuatu.


Baca Juga :