Ragam Media Pembelajaran PPKn di SD

Ragam Media Pembelajaran PPKn di SD

Ragam Media Pembelajaran PPKn di SD

Ragam Media Pembelajaran PPKn di SD

Pujiastuti menyatakan bahwa syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam pengembangan media pembelajaran PPKn, yaitu:

  1. Membawakan sesuatu/sejumlah isi dan pesan harapan.
  2. Memuat nilai/moral kontras atau dilematis.
  3. Diambil dari dunia kehidupan nyata (peserta didik, lokal, nasional atau dunia).
  4. Menarik minat dan perhatian peserta didik atau melibatkan peserta didik.
  5. Terjangkau oleh kemampuan belajar peserta didik.

            Media pembelajaran dijadikan sebagai sarana yang dapat membantu siswa dalam memahami suatu pelajaran dengan baik. Hal ini sebagai alat yang harus digunakan guru dalam mengajar. Media pembelajaran memiliki berbagai macam ragam  untuk membantu tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Adapun macam-macam media pembelajaran PPKn di SD/MI yaitu:

  1. Media Cetak

      Media cetak merupakan jenis media yang telah lama digunakan sebagai sarana dalam aktivitas belajar. Media cetak juga dipandang sebagai jenis media yang relative murah dan memiliki sifat yang fleksibel bagi penggunanya.media cetak yang berisi teks memiliki ragam yang bervariasi, seperti buku cetak, buku teks, brosur, booklet, leaflet, dan hand out, dan lain-lain.

      Buku cetak merupakan bagian dari media cetak, yang biasanya digunakan untuk memberi informasi dan ilmu pengetahuan kepada pembaca. Didalam buku cetak berisi deskripsi tentang konsep-konsep dalam bidang pendidikan di pendidikan formal yang dijadikan sebagai penunjang mata pelajaran

      Brosur merupakan selembaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan tertentu kepada pembaca. Penggunaan brosur sangat berkaitan dengan promosi tergantung apa yang dibutuhkan baik dalam bidang pendidikan maupun non pendidikan.

      Booklet adalah buku berukuran kecil yang didalamnya terdapat ilmu dan pengetahuan. Leaflet adalah media berbentuk selembaran kertas yang diberi gambar dan tulisan. Handout adalah bahan cetak yang berbentuk catatan yang dibuat guru kemudian digandakan dan dibagikan didalam kelas kepada siswa.

  1. Media Pameran

   Media pameran atau display media digunkakan sebagai sarana informasi dan pengetahuan yang menarik bagi penggunaanya, sama halnya seperti media cetak. Penggunaan media grafis dan pameran dilakukan dengan cara memperlihatkannya di suatu tempat tertentu sehingga pesan dan informasi yang terdapat di dalam media tersebut dapat diamati dan dipelajari oleh siswa. Contohnya, yaitu sebagai berikut:

1)      Realia

      Realia merupakan salah satu jenis medium yang digunakan sebagai alat untuk penyampaian informasi dan pengetahuan yang berupa benda atau objek yang sebenarnya atau benda asli.sebagai objek nyata, realia juga sebagai alat bantu belajar yang bisa memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada penggunanya.

2)      Model

      Model merupakan media pameran yang diletakkan di suatiu tempat terjangkau sehingga dapat diamati dan dipelajari secara langsung oleh siswa. Model digunakan sebagai informasi untuk menjelaskan suatu konsep dan pengetahuan tentang proses, system atau objek belajar dalam bentuk yang sederhana, jelas dan menarik.

3)      Diorama

      Diorama merupakan media pameran statis ata diam yang di desain sebagai sumber pengetahuan tentang peristiwa nyata yang terjadi di masa lalu atau sekarang atau menggambarkan masa yang akan datang dalam bentuk tiga dimensi. Diaroma digunakan oleh guru untuk melukiskan suatu pelajaran untuk atau untuk memperkenalkan suatu topik utama, misalnya dalam pelajaran PPkn yang mengisahkan tragedi Gerakan 30 September.

4)      Pop Up Book

      Pop Up Book merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk buku yang memiliki bagian sehingga dapat bergerak atau memiliki unsur tiga dimensi. Media ini memilki keunikan yang mampu membuat ketertarikan dalam belajar semakin tinggi.

5)      Poster

      Poster merupakan media yang efektif dan efisien. Poster dijadikan media untuk digunakan guru ssebagai sumber informasi dan pengetahuan sebagai penjelas materi ketika proses pembelajaran.


Sumber: https://fgth.uk/clouds-sheep-apk/