Cara Cek Kondisi Mesin Mobil Sendiri

Melakukan perawatan rutin khususnya pada sektor mesin perlu dilaksanakan pemilik mobil supaya kendaraan dapat digunakan dalam situasi maksimal. Pasalnya, andai kendaraan kesayangan sudah rusak, maka ongkos perawatan lumayan besar mesti dikeluarkan.

Bisa dilaksanakan dengan teknik sederhana, mengasuh mesin mobil sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah, tanpa mesti pergi ke bengkel.

Seperti dikutip Suzuki Indonesia, situasi mobil yang prima akan menyerahkan performa baik serta konsumsi bahan bakar yang hemat. Hal kesatu yang mesti dilaksanakan untuk mengecek situasi mobil, ialah mengecek situasi cairan dan pelumasan pada mobil.

Pengecekan ini dapat dengan teknik memantau oli mesin lewat dipstick, atau menyaksikan reservoir radiator dan minyak rem.

Jika terlihat berkurang, sedang di bawah indikator, lumayan tambahkan saja dan tidak butuh diganti semuanya. Kenapa? Karena penggantian mesti mengekor jarak tempuh pemakaian.

Pemeriksaan selanjutnya, ialah memantau panel-panel indikator di dekat speedometer. Kalau terdapat sesuatu yang bermasalah pada mobil seringkali akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala.

Selain mengawasi indikator di layar spidometer atau di dekat dasbor, pun usahakan memperhatikan langsung suara mesin saat dinyalakan.

Suara mesin yang masih halus menandakan mobil berada dalam suasana yang baik, tapi andai ada suara-suara mengherankan yang muncul, atau ingin menjadi lebih kasar, barangkali saja terdapat komponen mesin yang bermasalah.

Sumber : https://s.id/hc5Ak