Cegah Penyakit Kolesterol Tinggi Selama Isolasi Mandiri

Selama isolasi berdikari di tengah pandemi corona atau Covid-19, kita mesti sekali menyimak asupan makanan. Semakin tidak sedikit makanan bergizi dan sehat yang anda konsumsi santap semakin baik pun untuk perkuat sistem imun dan mengenyahkan stres. Namun, ingat ya tidak boleh sampai anda salah mengonsumsi makanan yang mengakibatkan kolesterol naik.

Dampak dari tingginya kadar kolesterol ialah penumpukan plak di pembuluh darah arteri yang dapat mengakibatkan gangguan penyakit riskan seperti stroke dan jantung koroner. Karena penumpukan plak itu, aliran darah ke sebanyak organ menjadi tidak fasih atau tersumbat sampai-sampai memicu sejumlah penyakit lainnya laksana tekanan darah tinggi, nyeri dada (Angina), penyakit ginjal, dan penyakit arteri perifer.

Dalam dunia kesehatan ada tiga jenis kolesterol. Pertama, High density lipoprotein (HDL) atau disebut pun kolesterol baik, normalnya > 40 mg/dL. Kedua, Low density lipoprotein (LDL) yang biasa dikenal dengan kolesterol jahat, normalnya < 100 mg/dL. Dan ketiga, trigliserida yaitu kadar kolesterol normal dalam tubuh jumlahnya < 150 mg/dL.

Seseorang dapat disebut mempunyai kolesterol yang tinggi ialah saat jumlah kolesterol total lebih dari 240 mg/dL. Bagi mengontrol kolesterol agar ada di dalam batas yang normal, di antara yang dapat dilakukan ialah dengan mengolah gaya hidup menjadi lebih sehat. Masa isolasi sebab pandemi Covid-19 ini jadi momen yang pas sebab kita tidak tergoda guna jajan atau santap di luar.

1. Konsumsi makanan rendah lemak

Makan rendah lemak menjadi teknik ampuh untuk menangkal kolesterol tinggi dan menghindari penyakit jantung. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, ialah beberapa makanan lezat sebagai unsur dari diet rendah kolesterol dan rendah lemak. Jika kita tipe empunya kolesterol tinggi, maka hindari makanan yang berisi kolesterol tinggi laksana makanan laut (udang, cumi), jeroan (otak), daging merah, produk susu (keju), dan makanan olahan (sosis, ham, bacon, dan sejenisnya).

2. Olahraga rutin

Olahraga memiliki tidak sedikit manfaat sehat, termasuk menolong Anda menangkal kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Ada tidak sedikit jenis olahraga yang bisa Anda kerjakan yang dapat Anda kerjakan selama pandemi ini. Mulai dari treadmill, yoga, sampai aerobik, semuanya sudah terbukti menunjukkan guna dalam mengawal tubuh lebih lentur, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Pilih minyak goreng yang tahan suhu panas

Kolesterol dapat dikontrol dengan mengolah gaya hidup, tergolong dengan memilih minyak goreng yang tepat. Minyak goreng yang mempunyai titik asap tinggi atau tahan terhadap panas misalnya.

Baca Juga :