PENGERTIAN PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

PENGERTIAN PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

PENGERTIAN PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

PENGERTIAN PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

Ø  Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan usaha untuk meningkatkan pendapatan per kapita dalam jangka panjang dengan memperhatikan pertumbuhan jumlah penduduk dengan memperbaiki struktur ekonomi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Orientasi utama dalam pembangunan ekonomi adalah untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat sehingga dapat mencapai kesejahteraan masyarakat.

Ø  Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

  1. PERBEDAAN PEMBANGUAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

Ø  Perbedaan antara Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pada dasarnya perbedaan antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi terletak pada ruang lingkup pembahasannya. Jika pertumbuhan ekonomi lebih menekankan pada perubahan-perubahan kuantitatif, pembangunan ekonomi lebih menekankan pada unsur kualitatif. Pertumbuhan ekonomi hanya merupakan salah satu unsur pembangunan ekonomi. Untuk melihat perbedaan antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dapat dilihat secara rinci dalam tabel berikut ini: