RANGKUMAN

Table of Contents

  RANGKUMAN

  1. Peramalan atau proyeksi adalah kegiatan yang bersifat teratur, berupaya memprediksi masa depan dengan menggunakan tidak hanya metode ilmiah, namun juga mempertimbangkan hal-hal yang bersifat kualitatif, seperti perasaan; pengalaman; dan lainnya.
  2. Peramalan (forecasting) sangat penting dalam bidang bisnis dan ekonomi dalam 2 hal yang mendasar. Pertama, perencana(planner) dan juga pengambil keputusan (decision maker) harus membuat perencanaan atau mengambil keputusan saat ini untuk dilaksanakan masa yang akan datang. Kedua, kondisi dimasa yang akan datang sulit dipastikan pada saat ini. Dengan kata lain, di masa yang akan datang terdapat unsur ketidakpastian.
  3. Enamkarakteristik situasi peramalan yang harus diperhatikan agar peramalan dapat efektif meliputi time horizon, level of aggregate detail, number of items, control versus planning, constancy, existing planning procedure.
  4. Enam karakteristik metode peramalan meliputi time horizonpattern of datacostaccuracyintuitive appeal; simplicity dan easy to application, danavailability of computer software.
  5. Empat kriteria data yang  bermanfaat meliputi dapat diandalkan (reliable), relevan, konsisten, dan tepat waktu. Dua jenis data yang diperhatikan dalam peramalan yakni data time series dan data cross sectional.
  6. Prosedur membuat peramalan terdiri dari 5 tahap yakni: mengumpulkan data, mereduksi data, membangun dan mengevaluasi model, melakukan peramalan / proyeksi, mengevaluasi ramalan.
  7. Kesalahan peramalan tergantung dari: kekeliruan dalam mengidentifikasi pola dan hubungan, adanya pola yang tidak jelas atau hubungan tidak akurat, dan terjadinya perubahan pola atau perubahan hubungan.

 

https://radiomarconi.com/