Apa yang dimaksud Laporan penelitian

Apa yang dimaksud Laporan penelitian ??

Apa yang dimaksud Laporan penelitian ??

Apa yang dimaksud Laporan penelitian
Tahap menulis laporan hasil penelitian merupakan tahap paling penting dalm proses pelaksanaan penelitian.

A. Pengertian Proposal Penelitian

Proposal Penelitian adalah rencana tertulis untuk sebuah proyek/penelitian yang akan diserahkan kepada orang lain untuk dievaluasi.
B. Pengertian Laporan Penelitian
Laporan Penelitian merupakan penyelesaian studi yang melaporkan sebuah penyelidikan atau eksplorasi masalah, identifikasi pertanyaan yang akan diselesaikan, dan termasuk data yang dikumpulkan, dianalisis, dan ditafsirkan oleh peneliti.
C. Perbedaan Proposal dan Laporan Penelitian
Proposal penelitian dan laporan penelitian hampir sama dalam banyak hal, perbedaan utama adalah bahwa proposal penelitian dihasilkan sebelum penelitian dimulai, sementara laporan penelitian disusun setelah penelitian selesai.
Selain hal tersebut ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan tentang proposal penelitian dan laporan penelitian.
D. Tujuan Penyusunan Proposal Penelitian
Tujuan dari proposal adalah untuk membantu seorang peneliti untuk memikirkan semua aspek penelitian dan mengantisipasi dampak masalah dari penelitian. Proposal yang baik mendefinisikan :
  1. Memfasilitasi proses mendapatkan izin untuk mengkaji obyek penelitian.
  2. Memberikan informasi kepada pihak yang berwenang sehingga mereka dapat menentukan kemungkinan dampak penelitian di wilayah/tempat penelitian.
  3. Menyediakan kriteria untuk menilai kualitas proyek. Mereka mengevaluasi dan meninjau. Penelitian menggunakan kriteria tersebut. Mengetahui unsur-unsur yang tepat dalam proposal yang baik dan ketepatan dalam pelaksanaannya.
E. Jenis-jenis Penyajian Laporan Penelitian
Laporan penelitian dapat disajikan berupa:
1. Tesis dan Disertasi
Tesis dan disertasi adalah laporan penelitian untuk kesiapan sebagai master dan doktor. Panjang tesis atau disertasi dapat bervariasi, tergantung tradisi di setiap universitas.
2. Artikel Jurnal
Peneliti mempersiapkan sebuah artikel jurnal untuk pembaca publikasi ilmiah serta untuk editor dan individu yang meninjau penelitian. Sebuah artikel jurnal akan dipoles, laporan penelitian yang dikirim ke editor jurnal lebih pendek. Editor mengatur selama dua sampai tiga pengulas untuk memberikan komentar tentang penelitian.
3. Makalah Konferensi
Sebuah norma penelitian adalah bahwa individu secara terbuka dapat berbagi laporan penelitian mereka sehingga informasi dapat diakses oleh masyarakat umum. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menyajikan makalah pada konferensi asosiasi profesional.
F. Standar Keterbacaan Laporan Penelitian Menurut Bebagai Pembaca
Bagi kelompok atau individu untuk mengerti dan berpotensi menggunakan temuan dari penelitian, anda menulis laporan dengan penelitian dengan cara yang diterima oleh khalayak yang dimaksudkan. Dengan demikian, aturan utamanya untuk menulis adalah menulis untuk pembaca.