Merokok Menyebabkan Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Tidak ada manfaat kesehatan yang positif dari merokok. Apalagi ternyata kandungan nikotin dalam rokok dikaitkan dengan mood. Tetapi itu tidak berarti bahwa nikotin dapat menenangkan pikiran, bahwa merokok juga menyebabkan gangguan kecemasan atau gangguan kecemasan.

Bagaimana Merokok Menyebabkan Gangguan Kecemasan?

Penelitian dari Universitas Columbia di New York menunjukkan bahwa merokok dapat memengaruhi kesehatan mental, meningkatkan risiko gangguan kecemasan.

Merokok menyebabkan gangguan kecemasan pada remaja yang merokok setidaknya satu bungkus rokok sehari. Mereka 15 kali lebih mungkin mengalami serangan panik daripada yang bukan perokok.

Nikotin hanya menghilangkan ketidaknyamanan sesaat

Kunci untuk memahami nikotin dan ketidaknyamanan adalah nikotin hanya memberikan kelegaan sementara. Sementara itu, nikotin juga membahayakan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Namun, ketidaknyamanan biasanya dapat dikurangi ketika nikotin ada dalam sistem tubuh Anda. Artinya, ketidaknyamanan akan kembali dan tidak akan membaik seperti sebelum merokok.

Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya dan mahal. Khususnya bagi orang yang menderita GAD (Generalized Anxiety Disorder) atau Generalized Anxiety Disorder, sebaliknya, merokok akan meningkatkan kecemasan seiring waktu.

Beberapa orang percaya bahwa merokok dapat membantu meringankan kecemasan bahkan jika itu bersifat sementara. Padahal, merokok meningkatkan kecemasan di masa depan sehingga bisa memengaruhi kesehatan mental. Anda akan mengerti bahwa merokok bukanlah solusi untuk masalah apa pun.

Berhenti merokok mengurangi kecemasan

“Jika Anda berhasil berhenti merokok, Anda akan menjadi lebih tenang dan tidak cemas,” kata para peneliti dari Universitas Oxford dan Cambridge dan King’s College London dalam sebuah laporan di British Journal of Psychiatry.

Para peneliti berpendapat bahwa gagasan berhenti merokok mengganggu dan bahwa temuan mereka dapat membantu mengurangi stres.

Pernyataan lebih lanjut dari para peneliti adalah keyakinan bahwa merokok dapat mengurangi stres yang sudah melekat dalam masyarakat. Padahal, yang terjadi adalah sebaliknya, merokok cenderung menyebabkan ketidaknyamanan (mengkhawatirkan), dan perokok memiliki hak untuk mengetahui dan memahami bahwa apa yang mereka lakukan berbahaya bagi diri mereka sendiri.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan?

Selain berhenti merokok, G.A.D. Ada banyak pilihan perawatan yang tersedia untuk masalah kecemasan termasuk. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari bantuan ahli kesehatan. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda dapat meminta dokter Anda, yang berspesialisasi dalam gangguan kecemasan, untuk merujuk Anda ke terapis.

Sementara pengobatan akan membahas gejala dan pemicu, selain merokok itu menyebabkan gangguan kecemasan. Kemudian cari solusi untuk masalah ini.

Dari perilaku kognitif hingga terapi dialektik, banyak metode tersedia. Dalam beberapa kasus, dokter Anda akan meresepkan obat anti-kecemasan harian untuk membantu mengendalikan kecemasan dan stres.

Beberapa orang menjalani pengobatan yang sama dengan solusi sementara. Tetapi yang lain mungkin terus menerima pengobatan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Anda dan dokter Anda membuat keputusan ini berdasarkan kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa atau perawatan. Silakan lihat halaman Kebijakan Editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: