Social Smoker Sama Bahayanya dengan Perokok Aktif

Apakah Anda perokok sosial atau memiliki teman dengan kebiasaan merokok ini? Perokok sosial adalah orang yang biasanya hanya merokok untuk sosialisasi. Kebiasaan merokok ini hanya menghabiskan satu bungkus rokok dalam sebulan dan dia tampaknya tidak aktif merokok. Ini mungkin karena kesadaran akan bahaya merokok, tetapi lingkungan mendorong kebiasaan ini. Masalahnya, apa risiko kesehatannya, walaupun Anda hanya merokok pada waktu-waktu tertentu? Apakah aman atau berbahaya seperti perokok aktif?

Risiko kesehatan menjadi perokok sosial

Risiko merokok untuk Covid-19
Sebagian besar perokok sosial percaya bahwa mereka tidak akan terpengaruh secara negatif karena mereka tidak merokok sebanyak perokok aktif. Bahkan jika Anda tidak merokok setiap hari, bahaya merokok dapat mengganggu kesehatan Anda.

Setiap rokok yang dihisap berdampak pada kesehatan. Bahkan jika Anda perokok sosial, risiko kesehatan Anda, seperti penyakit jantung dan kanker, akan terus meningkat.

Jadi setiap asap rokok yang masuk ke tubuh dapat menyebabkan trombosit membeku, menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Perokok sosial terkadang juga disebut perokok ringan. Perokok ringan sering merokok dalam jumlah kecil. Itu saja, menurut penelitian dari Columbia University, apakah itu lima batang sehari atau dua bungkus rokok, kerusakan paru-paru hampir normal.

Proses merokok merusak paru-paru.
Sekitar 480.000 penduduk Amerika Serikat meninggal karena merokok setiap tahun. Perokok sosial terus membakar rokok dan asap yang sama sebanyak 7.000 bahan kimia. Setidaknya 69 bahan kimia ini menyebabkan kanker.

Meskipun perokok sosial hanya merokok lima batang sehari, efek negatifnya pada tubuh masih terjadi sebagai perokok aktif, termasuk paru-paru.

Senyawa kimia ini merusak sel paru-paru. Sel-sel yang rusak akan menjadi bengkak dan meradang, maka tubuh akan berusaha memperbaiki kerusakan tersebut. Selama proses ini, jaringan normal dan sehat juga dapat rusak.

Fungsi paru menurun
Jumlah udara yang masuk saat bernafas adalah bagian dari fungsi paru-paru dan berkurang secara alami seiring bertambahnya usia. Salah satu risiko merokok adalah percepatan penurunan fungsi paru-paru.

Ketika fungsi paru berkurang, Anda akan kesulitan mendapatkan oksigen yang penting untuk organ seperti jantung dan otak. Ini mempengaruhi kesehatan bahkan sebelum pembuluh darah tersumbat.

Jika kekurangan oksigen, Anda akan membutuhkan oksigen ekstra dari silinder sehingga tubuh masih membutuhkan oksigen.

Perokok sosial masih melukai orang-orang di sekitar Anda

Perokok pasif yang steril

Dihembuskan oleh perokok atau asap rokok juga beracun bagi orang-orang di sekitarnya. Penelitian menunjukkan bahwa risiko kesehatan, seperti kanker dan penyakit jantung, meningkat di mana pun Anda merokok.

Meski begitu, efek kesehatannya sama dengan perokok ringan atau aktif, tetapi ada kabar baik bagi Anda yang merokok secara sosial. Anda merasa mudah bertahan. Karena Anda hanya merokok dalam situasi tertentu atau ada pemicu tertentu yang membuat Anda merokok.

Coba rencanakan bagaimana menghindari tempat di mana Anda biasanya merokok dan mengendalikan perilaku Anda dengan bersosialisasi dengan perokok.

Masih ada banyak cara untuk bersosialisasi daripada merokok. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman yang tidak merokok atau pergi ke tempat-tempat di mana merokok dilarang dapat membantu perokok sosial berhenti merokok dengan cepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa atau perawatan. Silakan lihat halaman Kebijakan Editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: