Pengertian dan Cabang Filsafat

Ketika dipanggil dari bentuk akar kata tersebut, maka filosofinya berasal dari bahasa Yunani, Philo yang berarti cinta dan Sophia yang berarti kebijaksanaan (wisdom). Dengan demikian, filosofi dapat diartikan sebagai “kebijaksanaan mencintai”.

Karena filosofi penggunaannya mungkin hanya untuk mencari, memelihara dan mengasumsikan kebenaran / hikmah atau mengarahkan kebenaran itu sendiri, filosofi tidak dimaksudkan untuk ketenaran, pujian, kekayaan, atau apapun. Hal ini kemudian diketahui oleh tradisi pemikiran filosofis Yunani yang waktu itu melalui “first truth” (kebenaran pertama), seperti baik, adil dan benar, serta penerapan kebenaran pertama dalam permasalahan kehidupan.

Tugas utama filsafat adalah menemukan konsep-konsep yang digunakan dalam sains, kemudian menganalisis dan menentukan makna yang akurat dan terkait. Selain itu, filsafat juga bertanggung jawab untuk memeriksa setiap jenis masalah kritis yang kita miliki secara radikal, universal, konseptual, sistematis, mandiri dan bertanggung jawab.

Table of Contents

Cabang Filsafat

  • Ontologi atau sering juga disebut metafisika (meta = luar, fisik = nyata / dunia) adalah cabang filsafat yang berbicara tentang realitas segala sesuatu yang ada, atau membahas tentang karakter dasar (penting) (realitas) suatu objek atau realitas di akhir suatu pengalaman langsung. (pengalaman langsung). Antologi berbicara tentang segala sesuatu yang ada, pertanyaan yang akan dibatasi tidak dibatasi, misalnya sifat ruang, waktu, gerakan, masalah, dan perubahan? Apa yang datang dari dunia ini? Dan banyak lagi. Dalam kaitannya dengan pendidikan, ontologi ilmu pendidikan membahas tentang hakikat dan pola penyelenggaraan ilmu pendidikan.
  • Epistemologi adalah cabang filsafat yang mempelajari asal-usul, tatanan, aturan, dan validitas pengetahuan. Pertanyaan dasarnya adalah: Tahukah Anda? Dari mana asal mula pengetahuan? Bagaimana Anda tahu kalau Anda tahu? Bagaimana Anda mengetahui pengetahuan? Dan banyak lagi. Oleh karena itu, epistemologi membahas objek formal dan materi ilmiah pendidikan.
  • Kaologi. Aksiologi menceritakan nilai dan kegunaan dari segala sesuatu yang berhubungan dengan aturan moral dari penggunaan pengetahuan yang diperoleh. Aksiologi ilmu pendidikan, membahas tentang hakikat penggunaan teori pendidikan dan praktek ilmiah.
  • Logika merupakan salah satu cabang filsafat yang membahas tentang aturan-aturan yang berkaitan dengan aturan-aturan yang dapat mengarah pada kesimpulan yang benar. Dengan kata lain, logika adalah studi sistematis tentang aturan untuk memperkuat ruang atau alasan yang terkait dengan aturan tersebut, sehingga kita dapat menerapkan pembedaan antara argumen baik dan buruk.

Sumber: blog.malavida.co.id