Budidaya Ikan Mas

Alamtani sungai ini akan mengomentari tentang budidaya penangkaran ikan mas. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bertani, lihat artikel lengkap tentang budidaya ikan mas. Temukan dua bagian budidaya ikan mas, yaitu menumbuhkan dan menyebarkan benih. Kebanyakan petani membeli bibit ikan dari petani lain.

Pilih calon indukan

Pemilihan calon inang merupakan faktor penting dalam budidaya ikan mas. Keberhasilan tanpa biji ditentukan oleh kualitas pembenihan. Tuan rumah yang dipilih haruslah keturunan yang unggul.

Untuk memilih calon inang harus dilakukan saat ikan masih berukuran 100-200 gram. Calon tuan rumah pria dan wanita dipilih berdasarkan karakteristik berikut:

  • Umur wanita lansia tidak berhubungan dengan 1,5-2 tahun dengan berat badan minimal 2 kg per ekor. Untuk jantan usianya tidak kurang dari 8 bulan dengan berat badan minimal 0,5 kg per ekor.
  • Bentuk tubuh halus secara morfologis, tidak cacat, sirip tidak rusak. Ikan mas lebih baik dalam membesarkan kepala mereka lebih kecil dari tubuh mereka. Geser bersih, tidak ada bintik putih. Lensa mata terlihat jernih.
  • Skala di kedua sisi simetris, tanpa lengkungan dan retakan. Warna sisik terlihat cerah, sisik yang membosankan menandakan bahwa ikan sudah sangat tua. Sisiknya tersusun rapi dan ukurannya cukup besar.
  • Ekornya bagus dan kuat. Panjang ekornya lebih besar dari lebarnya.
  • Calon orang tua memiliki garis keturunan yang berbeda, laki-laki atau perempuan. Sehingga tidak bereproduksi menurunkan kualitas benih ikan.

Jaga Indukan

Pemeliharaan pria dan wanita harus dipisahkan, orang tua memiliki satu sama lain di luar ruangan. Kedalaman air kolam sekitar 60-80 cm. Sumber irigasi kedua tambak harus sama. Waktu terbaik untuk bergabung dengan pria tua adalah setelah wanita tua.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pernikahan yang tidak diinginkan. Karena jika sperma jantan sudah tua keluar dan dibawa ke wanita, sebaiknya tidak terjadi pemijahan yang tidak disengaja.

Pemuliaan ikan mas membutuhkan luas kolam 5 m2 per kg berat badan. Artinya, bila Anda memiliki hosti seberat 5 kg Dibutuhkan kolam minimal 25 m2. Dan, jika kita membutuhkan 2 host, maka kita membutuhkan area kolam seluas 50 m2. Kapasitas kolam dapat meningkat seiring dengan peningkatan kualitas dan sirkulasi udara. Suhu udara ideal adalah 25-30oC.

Tuan rumah harus diberi makanan dan nutrisi yang sehat. Makanan utamanya bisa berupa pelet yang mengandung 30-35% kandungan protein. Suplemen yang diberikan adalah dedak jagung atau menir. Jangan berikan makanan tinggi lemak.