KRITERIA DAN ARAH INVESTASI

KRITERIA DAN ARAH INVESTASIKRITERIA DAN ARAH INVESTASI

Kriteria-kriteria yang harus diperhatikkan dalam mengalokasikan kapital antara lain:

  1. Investasi harus ditempatkan sedimikian rupa, sehingga memaksimalkan perbandingan antara output dengan capital ( COR Terendah )
  2. Proyek-proyek yang dipilih harus memberikan perbandingan yang maksimal dari pada penggunaan tenaga kerja terhadap investasinya ( produktivitas tenaga kerja yang tinggi )
  3. Investasi hendaknya mengurangi kesulitan-kesulitan dalam neraca pembayaran sehingga akan memaksimalkan perbandingan antara ekspor dan investasi.

Penggunaan syarat-syarat ini teryata tidak mudah. Oleh karena itu kriteria “Produktivitas social marginal” ditafsirkan sesuai dengan perubahan-perubahan faktor tersebut yang biasanya akan menimbulkan perbedaan pendapat.[3]

Untuk itu,maka beberapa faktor yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Pendapatan Per Kapita

         Tipe investasi produksi, misalnya terdapat proyek-proyek disektor pertanian dimana dibutuhkan tenaga kerja yang banyak. Investasi ini akan menaikkan pendapatan disektor tersebut, tetapi jika kenaikkan jumlah penduduk dan pendapatan sama tingginya maka pendapatan perkapita akan kembali ketingkat semula.

  1. Pendapatan Nasional

            Kenaikkan pendapatan nasional belum tentu menguntungkan masyarakat seluruhnya, karena mungkin pendapatan tersebut hanya diterima atau hanya dapat dinikmati oleh beberapa golongan saja. Untuk itu agar pendapatan nasional dapat meningkat maka tidak hanya memperhatikan pendapatan perkapita saja, tetapi juga harus memperhatikan distribusi pendapatanya .

Sumber :

https://desaingrafis.co.id/