Parameter Biologi 

Parameter Biologi Parameter Biologi 

Mikrooragbisme dapat muncul dalam waktu dan tempat yang berbeda. Penyebaran lewat udara,  mikroorganisme harus mempunyai habitat untuk tumbuh dan berkembang biak  (tillman, 2007).  Seringkali sering kali ditemui di sistem ventilasi atau karpet yang terkontaminasi.

1)  Jamur

Menurut Hargreaves dan Parappukkaran (1999) menyatakan bahwa pajajan terhadap khamir dan kapang terjadi setiap hari, namun ada 3 faktor yang mempengaruhi populasi fungi adalah teknik konstruksi yang buruk, kegagalan dalam mengidentifikasi atau memperbaiki kerusakan dalam mengoperasikan dan menjaga sistem AC.

  1. Parameter Kimia

1)   Karbon Dioksida (CO2)

Sumber CO2 yang terbanyak berasal dari hasil ekshalasi udara hasil pernapasan manusia, namun Environmenta  Tobacco Smoke (ETS) juga dapat menjadi sumber CO2. Nilai ambang batas CO2 yang diperbolehkan menurut OSHA adalah 500 ppm. Pada dasarnya CO2 tidak menimbulkan efek kesehatan yang berbahaya apabila berada pada konsentrasi diatas 550 ppm namun jika berada pada konsentrasi diatas 800ppm, CO2 dapat mengindikasikan kurangnya udara segar dan buruknya percampuran udara pada area pengguna gedung.