Cara Aman Menurunkan Demam pada Bayi

Jika bayi Anda terbangun di tengah malam menangis dan merasa memerah, Anda perlu mengukur suhu tubuhnya untuk menentukan apakah ia demam. Ada banyak alasan mengapa si kecil Anda mungkin mengalami demam.

Meskipun demam itu sendiri tidak berbahaya, terkadang penyebab utamanya bisa jadi. Bayi kecil lebih mungkin mengalami demam dibandingkan anak yang lebih besar yang memerlukan pengobatan.

Bayi baru lahir – usia 3 bulan ke bawah – harus segera ke dokter untuk mengetahui adanya demam.

Bayi berusia 3 bulan ke atas dengan demam ringan dapat dirawat di rumah dengan perawatan yang tepat jika tidak ada gejala lain yang muncul. Bayi dengan demam tinggi atau persisten harus diperiksa oleh dokter.

Mengidentifikasi demam

Suhu normal berkisar di sekitar 98,6 ° F (37 ° C). Suhu ini bisa sedikit berbeda dari pagi hingga sore hari. Suhu tubuh umumnya lebih rendah saat Anda bangun dan lebih tinggi pada sore dan malam hari.

Bayi berusia di bawah 3 bulan yang mengalami demam memerlukan perhatian medis segera untuk mendiagnosis penyebab yang mendasari dan mengobatinya jika perlu.

Bayi dianggap demam jika suhunya:

  • 100,4 ° F (38 ° C) atau lebih tinggi saat diambil secara rektal
  • 99 ° F (37,2 ° C) atau lebih tinggi jika digunakan dengan metode lain
  • Demam ringan tidak selalu memerlukan kunjungan ke dokter untuk bayi yang berusia lebih dari 3 bulan.

Cara menurunkan demam

Suhu tubuh yang sedikit meningkat pada bayi yang berusia lebih dari 3 bulan mungkin tidak memerlukan perjalanan ke dokter. Anda mungkin bisa mengatasi demam di rumah dengan metode berikut:

1. Asetaminofen
Jika anak Anda berusia di atas 3 bulan, Anda dapat menawarkan asetaminofen (Tylenol) anak dalam jumlah yang aman.

Dosis biasanya didasarkan pada berat badan. Dokter Anda mungkin menyarankan untuk menimbang bayi Anda jika mereka belum ditimbang baru-baru ini atau jika mereka baru saja mengalami lonjakan pertumbuhan.

Jika bayi Anda tidak nyaman atau rewel karena demamnya, Anda mungkin tidak perlu memberinya obat apa pun. Untuk demam tinggi atau gejala lain yang membuat bayi Anda tidak nyaman, pengobatan dapat membantu mereka untuk sementara merasa lebih baik.

2. Sesuaikan pakaian mereka
Dandani bayi Anda dengan pakaian ringan dan gunakan hanya seprei atau selimut tipis agar mereka tetap nyaman dan sejuk.

Mengenakan pakaian berlebihan pada bayi Anda dapat mengganggu metode pendinginan alami tubuh mereka.

3. Turunkan suhu
Jagalah agar rumah dan kamar bayi Anda tetap sejuk. Ini dapat membantu mencegahnya dari kepanasan.

4. Beri mereka mandi air hangat
Cobalah menyeka bayi Anda dengan air hangat. (Suhu air harus terasa hangat, tetapi tidak panas, jika disentuh di lengan bagian dalam Anda.) Pertahankan pengawasan konstan selama mandi untuk memastikan keamanan air.

Hindari menggunakan air dingin, karena dapat menyebabkan menggigil, yang dapat meningkatkan suhunya. Keringkan bayi Anda segera setelah mandi dan kenakan pakaian ringan.

Mandi atau tisu alkohol untuk menurunkan demam tidak disarankan dan bisa berbahaya.

5. Tawarkan cairan
Dehidrasi adalah kemungkinan komplikasi demam. Berikan cairan secara teratur (ASI atau susu formula) dan pastikan bayi Anda meneteskan air mata saat menangis, mulut lembab, dan popok basah secara teratur.

Hubungi kantor dokter Anda untuk mendiskusikan cara menjaga agar anak Anda tetap terhidrasi jika ini mengkhawatirkan.

Baca juga: