Cara Membuat Latar Belakang Blur Bokeh

Mengalami masalah saat menangkap latar belakang foto buram yang indah? Jika iya, Anda perlu mengetahui cara membuat bokeh dengan kamera Anda. Bokeh mengacu pada area di luar fokus gambar. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu bokeh, apa penyebabnya, dan bagaimana Anda bisa menciptakan latar belakang bokeh yang menakjubkan untuk foto Anda.

Cara Membuat Latar Belakang Bokeh untuk Foto

Menghasilkan bokeh yang bagus dalam fotografi mungkin bukan tujuan utamanya. Prioritas utama Anda adalah menangkap topik pilihan Anda sebaik mungkin. Namun demikian, bokeh dapat melengkapi temanya, dan langkah-langkah di bawah ini akan membantu.

1. Pilih lensa yang sesuai
Bokeh bukan disebabkan oleh kamera, tetapi oleh lensa. Karena desainnya, lensa yang berbeda menghasilkan jenis bokeh yang berbeda pula. Jadi, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa lensa Anda menghasilkan bokeh yang lebih baik daripada yang lain.

Secara umum, bokeh terbaik tersedia dengan lensa luar biasa (lensa panjang fokus panjang), ukuran apertur maksimum besar – mis. f / 1.2, f / 1.4, f / 1.8, f / 2.0, f / 2.8.

2. Memperbesar
Bokeh tersedia pada panjang fokus berapa pun, tetapi jika Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan efek bokeh yang kuat, coba perbesar atau dengan lensa dengan panjang fokus yang lebih panjang.

Jika zoom berarti Anda tidak dapat memasukkan subjek ke dalam bingkai, menjauhlah dari subjek dan potret lagi.

3. Pilih Aperture Width
Karena subjek terpenting adalah subjek pilihan Anda, pilih bukaan terlebar yang memberikan kedalaman bidang yang memadai untuk memfokuskan subjek secara tajam.

Ingatlah bahwa bukaan yang mengganggu, lebar atau lebih besar memiliki jumlah f / stop yang kecil, yaitu f / 1.2, f / 1.4, f / 1.8, f / 2.0, f / 2.8, sedangkan kotak kecil memiliki nomor f / stop yang besar, mis. . f / 8, f / 11, f / 16, atau f / 22.

4. Dekati topik Anda
Saran lain untuk meningkatkan kekuatan bokeh adalah mendekatkan diri ke topik. Ini tidak berfungsi di semua subjek, tetapi memberikan kedalaman bidang yang lebih rendah dan meningkatkan intensitas latar belakang bokeh.

5. Sorot dengan sengaja ke tempat kejadian
Bokeh paling dramatis muncul saat ada lampu sorot di tempat kejadian. Lampu sorot adalah pemandangan paling terang, dan jika tidak terlalu fokus, Anda bisa menciptakan bokeh yang indah.

Salah satu cara untuk menyampaikan sorotan adalah menangkap satu atau lebih sumber cahaya di tempat kejadian. Salah satu sumber cahaya terbaik dan terbesar adalah jaringan lampu peri.

Jadi, gali dari loteng, gantung di dinding, meja atau pagar, pasang dan nyalakan. Tempatkan subjek di latar depan, dengan jarak sebanyak mungkin antara subjek dan cahaya di latar belakang, lalu ambil gambar.

Semakin jauh sumber sorotan dari subjek, semakin banyak bokeh semakin dramatis.

Baca juga: